Sekolah di Indonesia Bisa Kalah di Asia Tenggara
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
1 suka
21-07-2014, 18:28:03
JAKARTA -- Pendiri Perhimpunan Ahli Manajemen Mutu Pendidikan Indonesia (Peramupadi) Hanief Saha Ghafur mengatakan, sekolah-sekolah di Indonesia tidak memiliki badan penjamin mutu internal sekolah.

"Bagaimana mutu sekolah di Indonesia bisa berkembang bila sekolah-sekolah di Indonesia tidak memiliki badan penjamin mutu internal sekolah. Seharusnya badan penjamin mutu di sekolah itu harus mutlak ada,"kata Hanief di Jakarta, Senin, (21/7).

Badan penjamin mutu internal sekolah, ujar Hanief, diperlukan untuk menjaga citra mutu sekolah. "Kalau tidak ada badan penjamin mutu internal sekolah, nanti sekolah di Indonesia bisa jauh tertinggal dengan sekolah-sekolah lain di Asia Tenggara,"ujarnya.

Makanya, terang Hanief, pihaknya berjuang untuk memperbaiki manajemen mutu di sekolah. Membantu mengembangkan pendidikan yang berkarakter.

"Pembelajaran mutu harus digerakkan secara masif dan terstruktur melalui badan penjaminan mutu. Sebab standar mutu itu harus ada untuk mengetahui peringkat sekolah,"kata Hanief.

Agar sekolah mau membuat badan penjamin mutu internal sekolah, ujar Hanief, harus dikeluarkan peraturan pemerintah untuk mendorong hal itu. Badan penjaminan mutu juga harus ada dari PAUD, sampai perguruan tinggi.

Sumber : republika.co.id

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi