Mendikbud: Guru Harus Dijamin Kompetensi Keterampilannya
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
18-09-2014, 08:26:35
Kemdikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, untuk mewujudkan generasi emas tahun 2045 pelatihan berbasis teknologi informasi sangat diperlukan oleh para guru. Tujuannya, kata dia, untuk mengasah kompetensi guru serta untuk mengenal pembelajaran yang mutakhir.

“Karena guru itu pada dasarnya harus menjadi inspirasi bagi siswa. Oleh Karena itu harus dijamin kompetensi keterampilannya,” katanya usai membuka pelatihan “IndiLearning Bagimu Guru Kupersembahkan (BGK)” yang diselenggarakan atas kerja sama Kemdikbud dengan PT. Telkom, di Graha Utama Kemdikbud, Jakarta, Rabu (17/08/2014).

Pada kesempatan tersebut Mendikbud menyampaikan apresiasi kepada PT Telkom atas dukungannya dalam meningkatkan kompetensi para guru di bidang teknologi. Apresiasi tersebut disampaikan Mendikbud karena PT. Telkom secara konsisten memberi pelatihan kepada para guru dan dukungannya kepada Kurikulum 2013.

Direktur Utama PT. Telkom, Arief Yahya mengatakan, hingga saat ini PT. Telkom telah melatih 4.321 guru dan telah masuk pada tahap ke empat yang berjumlah 1.000 orang. Targetnya, di 2015 mendatang PT. Telkom akan menjangkau 50.000 guru untuk menjadi Training of Trainer (ToT) bagi teman-temannya.

Target tersebut akan dicapai oleh Telkom dengan menumbuhkan industri digital kreatif melalui penyediaan fasilitas-fasilitas pendukung seperti broadband learning center di 61 kota di Indonesia. Fasilitas ini memberikan pelatihan TIK bagi siswa dan guru dengan sertifikasi internasional, bekerja sama dengan intel.

Program IndiLearning BGK ini dilaksanakan di delapan kota besar di Indonesia, Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya, Banjarmasin, Jayapura, Singaraja, dan Makassar. Materi yang disampaikan adalah saat pelatihan meliputi pengenalan Wi Fi Id, sosialisasi penerapan Kurikulum 2013, pembelajaran abad 21 (bekerja sama dengan Intel selaku penyedia modul pelatihan), integrasi teknologi & praktik terbaik pembelajaran inovatif, pemanfaatan media social untuk pembelajaran dan public speaking.

Sumber : kemdikbud.go.id

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi