10 Tips Belajar Dengan Maksimal
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
13-01-2016, 14:41:23
Tips belajar tentu sudah banyak, tapi kami ingin menyajikan yang berbeda. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa semua pelajar haruslah mampu dalam meningkatkan prestasi yang mereka miliki. Disini saya akan bahas tentang tips untuk lebih mudah belajar.
Yang pertama adalah dengan berdoa.
Usaha Anda nampaknya akan sia-sia bila Anda lupa berdoa sebelum belajar. Baik sebelum dan sesudah belajar, doa adalah suatu keharusan.
Tips yang kedua untuk mampu belajar dengan maksimal adalah dengan memilih tempat belajar dengan maksimal.
Tentu saja tempat belajar akan menentukan kualitas konsentrasi untuk belajar Anda.
Pastikan tempat belajar tersebut nyaman dan tidak akan membuat Anda bosan. Teras rumah dapat menjadi ide yang bagus. Namun bila Anda membutuhkan konsentrasi, Anda dapat memilih tempat yang sunyi.
Tips untuk belajar dengan lebih baik ketiga adalah sambil memperdengarkan lagu-lagu klasik yang lembut namun tidak menimbulkan bad mood.
Lagu-lagu klasik tersebut akan membuat Anda mampu untuk belajar dengan lebih tenang dan berkualitas. Namun hindarilah lagu-lagu yang keras seperti rock yang mana dapat mengganggu otak sehingga belajar takkan menjadi maksimal. Tentu saja musik adalah salah satu tips belajar efektif yang difavoritkan banyak orang.
Tips keempat adalah dengan mengerjakan lebih banyak latihan soal.
Anda harus mampu belajar dengan terlebih dahulu memperhatikan materinya terlebih dahulu. Karena itulah, penting untuk memanfaatkan apa itu yang dinamakan buku soal dan materi yang berkualitas. Namun jangan lupakan budget karena terkadang harga dari materi soal amatlah mahal.
Tips yang kelima untuk mampu belajar dengan lebih baik adalah dengan memanfaatkan ide belajar kelompok.
Tentu saja sudah banyak yang mengenal tips belajar yang baik ini. Akan amat menyenangkan dan juga seru untuk belajar bersama teman-teman Anda. Akan tetapi, jumlah maksimal anggota kelompok belajar dipastikan hanyal 5 orang saja. Bila terlalu banyak biasanya hanya akan mengundang keributan.
Untuk tips yang keenam belajar lebih efisien, Anda dapat memanfaatkan bantuan dari pembimbing.
Anda perlu mencari seorang pembimbing untuk menemani Anda belajar. Anda nanti bisa bertanya-tanya pada pembimbing tersebut untuk setiap kesulitan belajar yang Anda miliki atau derita. Namun terkadang pembimbing tersebut akan menerapkan tarif untuk Anda.
Tips Belajar yang ketujuh yang dapat Anda manfaatkan adalah dengan menggunakan internet sebagai sarana belajar.
Internet memberikan Anda informasi tentang segala jenis pendidikan dan materi yang bahkan bisa Anda peroleh secara gratis. Kami sendiri juga menulis tentang berbagai tips pendidikan di blog ini. Sudah banyak sekali pelajar yang melakukan otodidak online untuk mendapatkan nilai lebih baik dalam studinya.
Tips yang kedelapan untuk mampu belajar dengan maksimal adalah ide refreshing. Anda harus menghindari belajar secara terus menerus. Sesekali, pergilah ke tempat wisata guna refreshing. Jalan-jalan, makan-makanan favoritm dan juga hiburan lain apa saja tentu akan mampu untuk mengembalikan kemampuan otak dalam berpikir.
Selanjutnya adalah tips belajar yang dengan maksimal yang kesembilan
Yaitu dengan menutup belajar dengan doa. Sama seperti ketika Anda memulai belajar dengan berdoa, Anda perlu menutupnya dengan berdoa juga. Tujuannya adalah untuk mendapat berkah dari proses belajar tersebut.
Satu lagi tips untuk belajar dengan maksimal adalah untuk yakin dengan apa yang Anda lakukan. Yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai keyakinan Anda bahwa Anda mampu untuk memahami materi dengan lebih baik lagi. Keraguan hanya akan berujung pada masalah dan juga kegagalan. Pergunakan Tips Belajar diatas untuk meningkatkan kualitas studi Anda kedepannya.

(Sumber :duniatips.com)

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi