JK: Tren Pendidikan Kita Tak Sesuai Harapan By Silvanus Alvinon
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
1 suka
15-01-2016, 11:32:16
Liputan6.com, Jakarta - Dunia pendidikan di Indonesia disoroti Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sebab, terjadi stagnasi dari peningkatan yang seharusnya.

"Saat ini Indonesia hanya memiliki 1 universitas dalam daftar 800 universitas terbaik dunia versi Times Higher Education 2015," kata JK dalam orasi ilmiah bertajuk "Inovasi dan Kemajuan Bangsa" dalam rangka Dies Natalis ke-18 Universitas Paramadina, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Negara lain, tutur JK, lebih banyak menyumbangkan universitas dalam daftar tersebut. Singapura ada 2, Malaysia (5), Thailand (7), China (37), ‎Korea (24), India (17), dan Taiwan (24). QS World University Ranking sebagai alternatif indikator juga menggambarkan kondisi yang tak berbeda.

"Dalam beberapa tahun terakhir tidak terlihat adanya perbaikan. Yang terjadi justru tren yang tidak sesuai dengan harapan kita," ujar JK.
Menurut JK, pendidikan menengah di Indonesia juga mengalami situasi yang tidak berbeda. Jika dilihat dari nilai Program for International Student Assessment (PISA), Indonesia berada pada posisi 64 dari 65 negara yang disurvei.

"Mengingat PISA mengukur kemampuan siswa berusia 15 tahun dalam bidang matematika, ilmu pengetahuan, dan membaca, maka skor tersebut cukup valid untuk meneropong kemampuan SDM kita di masa mendatang dalam inovasi," ucap suami Mufidah Kalla ini.

"Bagaimana dengan pendidikan negara tetangga? JK mengatakan posisi mereka jauh lebih baik. Malaysia, Thailand pada posisi tengah. Filipina sedikit lebih baik dari Indonesia. Vietnam dan Singapura berada jauh di atas kita, masing-masing berada pada posisi 15 dan 2 dunia," pungkas JK.**

(Sumber : .liputan6.com)

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi