Mengetahui Kenapa Siswa Susah Diatur dalam Belajar
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
18-05-2016, 14:25:02
Semua guru pasti pernah mengalami suasana mengajar yang tidak menyenangkan. Suasana dimana di dalam kelas siswa sulit diatur. Siswa sulit dikendalikan sehingga pembelajaran menjadi terganggu. Suasana belajar di ruang kelas tidak kondusif dan tujuan pembelajaranpun tidak tercapai. Lalu mengapa siswa susah diatur dalam pembelajaran?
http://www.kesekolah.com/images2/big/2016051011462912057.jpg

Rendahkan Kemauan Belajar Siswa
Guru akan mengalami kesulitan mengatur siswa jika dalam satu kelas diisi oleh siswa yang berkemauan belajar rendah. Mungkin kondisi ini sulit dihindari. Pembagian kelas siswa di awal tahun pelajaran bukan berdasar kemauan belajar melainkan hasil belajar yang tercantum di buku rapor.

Siswa belum siap belajar
Ketika masuk kelas guru langsung memulai kegiatan mengajar. Pada saat itu siswa belum siap untuk belajar. Apalagi guru masuk ke suatu kelas sebagai lanjutan jam pelajaran sebelumnya.

Kapasitas ruang kelas
Kelas yang diisi banyak siswa akan menimbulkan masalah dalam proses pembelajaran. Akan menyulitkan guru mengelola siswa dalam ruang kelas yang padat siswa. Idealnya dalam satu ruang kelas diisi oleh 20 sampai 25 siswa.

Lemahnya disiplin belajar
Ketika guru memulai pelajaran, masih ada siswa yang minta izin meninggalkan kelas. Atau masih ada siswa yang terlambat masuk. Kejadian ini dapat memicu berkurangnya disiplin belajar siswa.

Kebiasaan guru ketika mengajar
Kadang-kadang kebiasaan guru ketika mengajar telah menyebabkan siswa sulit diatur. Misalnya, guru terlalu banyak duduk ketika menerangkan materi pelajaran. Siswa paling depan sering mendapat sorotan dan perhatian. Namun siswa bagian belakang kadang-kadang luput dari perhatian guru. Akibatnya tidak semua siswa yang dapat dikuasai oleh siswa.

Posisi guru saat menulis di papan tulis
Sering guru berada pada posisi salah ketika mengajar. Guru membelakangipenuh kepada siswa ketika menulis sesuatu di papan tulis. Kondisi ini memberi kesempatan kepada siswa untuk berbuat sesuatu yang mengganggu ketertiban kelas. Misalnya, ngobrol atau mengganggu teman sebelah.

Gaya mengajar guru
Gaya mengajar setiap gurupasti berbeda-beda. Masing-masing guru memiliki ciri khas tersendiri dalam mengajar. Namun gaya mengajar yang monoton cenderung membuat siswa bosan. Begitu pula cara mengajar yang kaku alias kurang variasi suasana dan kondisi belajar.

Jadi, kesulitan guru mengatur siswa disebabkan oleh faktor siswa, lingkungan fisik kelas dan faktor internal guru itu sendiri.


Sumber : kesekolah.com
(0)
07-06-2016 17:09:50
poin 1 dan poin 4 kelemahan yang paling sering terjadi ditempat kami
  • 1

 

Reply

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi