Seberapa Pentingkah PR Buat Siswa?
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
19-07-2016, 13:16:59
PR atau pekerjaan rumah merupakan sebuah tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa dengan tujuan tertentu. PR di berikan guru agar siswa mau mengulang kembali materi pelajaran yang telah dibahas di sekolah. Bagi Anda sebagai guru, memberikan PR mungkin sudah merupakan hal wajib. Tidak bisa dipungkiri mana kala memberikan PR kepada siswa mungkin ada sebagian dari guru yang kurang memperhatikan dari sudut siswa itu sendiri. Kadang guru memberikan PR berlebihan mungkin karena keesokan harinya ada pekerjaan lain, atau sebagai hukuman bagi anak karena tidak mengerjakan PR sebelumnya makanya tugasnya ditambah. Apakah Anda sebagai guru memberikan PR pada siswa dengan alasan seperti itu?
http://www.kesekolah.com/images2/big/2016061613431396588.jpg

Makna PR bagi siswa
Guru memberikan PR sebenarnya untuk menumbuhkan semangat belajar bagi siswa dan agar mereka senantiasa terbiasa mengulang kembali materi pelajaran. Jadi inti dari pemberian PR adalah agar siswa bisa belajar kembali di rumah. Jadi pemberian PR kepada siswa itu adalah hal yang wajib dan layak dilakukan oleh semua guru. Meskipun demikian sebagai guru, layak untuk memberikan PR kepada siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda. Mungkin disini guru lebih memperhatikan proporsi tingkat kesukaran tugas yang diberikan.

Banyak PR yang Layak bagi siswa
PR yang diberikan kepada siswa hendaknya juga memperhatikan dunia anak itu sendiri. Jangan sampai guru memberikan PR hingga anak tidak bisa menjalani dunianya. Bagaimanapun siswa-siswa mempunyai aktifitas yang berbeda-beda. Maka dari itu jangan sampai mengambil hal tersebut. Jadi, pemberian PR untuk siswa hendaknya perlu diperhatikan.

Dengan memperhatikan kelayakan waktu pengerjaan PR untuk siswa maka mereka masih bisa melakukan kegiatan lain mereka.


Sumber : kesekolah.com

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi