Guru harus berpacu dengan kemajuan jaman dan teknologi
(289)
3 7 22-11-2016
3 suka
22-11-2016, 11:35:33
Guru adalah sosok terdepan dalam menghadapi perilaku dan prestasi siswa siswi di setiap tingkatan pendidikan yang harus bekerja keras untuk menyesuaikan diri dengan pergaulan anak didik yang kian bergeser dikarenakan jaman dan teknologi yang kian berkembang pesat, sulit memang untuk memahami dan mengarahkan anak didik agar mereka mau mengerti akan penting nya memiliki akhlak yang baik untuk mengimbangi derasnya pergaulan yang negatif. Mulai dari tontonan yang kurang layak seperti pornografi dan sadisme yang mudah diakses melalui perangkat internet seperti handphone dan gadget lainnya, konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang, perilaku menyimpang yang sekarang lebih dikenal dengan lgbt, mengikuti berbagai kelompok atau geng yang tidak baik, tontonan televisi yang kurang sesuai, sampai dengan sexs bebas di usia dini, ini adalah realita yang nyata didepan mata, tak ada yang bisa kita salahkan karena memang perkembangan jaman dan teknologi tak akan dapat dibendung. Sebagai guru harus bekerja keras agar dapat menangani segala hal yang terjadi pada anak didik sebisa mungkin agar mengarahkan mereka ke segala hal yang lebih positif dan bermanfaat, seperti dengan bebasnya akses internet agar diarahkan untuk mengakses sesuatu yang ada kaitannya dengan mata pelajaran, motivasi mereka agar dapat memanfaatkan dan mengolahnya menjadi informasi lebih baik, sampaikan segala dampak dan resiko yang akan mereka dapat apabila berperilaku buruk dan tentunya kaitannya dengan agama dan orang tua.
Ada beberapa orang tua yang terkadang selalu berpihak kepada anak sekalipun itu salah seperti kasus yang banyak berkembang tentang guru yang disalahkan karena menghukum anak didiksemata-mata agar anak tersebut jera. Yakin setiap orang tua ingin anaknya menjadi anak yang baik budi pekerti, pandai bersosialisasi serta berprestasi di sekolah, saya pun begitu sebagai orang tua. Orang tua harus mengikuti perkembangan sosial yang terjadi dikalangan anak dan cobalah posisikan diri sebagai anak dan rasakan apa yang harus dibenahi, tegas lah berkata dan bersikap apabila anak yang sangat kita sayangi itu salah, dan banggalah apabila mereka benar.
Sekarang tahun 2016 segala hal sudah mengalami perkembangan tidak hanya anak didik tetapi perilaku orang tua pun sudah berkembang, pahami anak , kenali teman-temannya, ajak anak untuk selalu berbagi cerita, gali potensi dan minat nya, luangkan waktu kita sebagai orang tua agar anak lebih terarah dan jujur dalam kesehariannya. Karena kita tidak pernah tahu berapa tahun kedepan akan seperti apa perkembangan dan perubahan yang akan terjadi.
Kerjasama guru dan orang tua sangat dibutuhkan, mengingat perilaku dan akhlak anak didik yang beragam, selain berbagai metode mengajar, tekhnik dan kurikulum yang digunakan menurut saya yang lebih penting adalah memahami dan menyelami anak didik terlebih dahulu agar dalam penerapan metode, teknik dan kurikulum akan maksimal. Posisikan kita adalah guru yang pandai berteman dengan anak didik, menjadi tempat berkeluh kesah yang dapat dipercaya, menjadi tempat mencari solusi, menjadi tujuan bagi mereka yang tersesat, dan menjadi inspirasi bagi mereka yang mencari jati diri.
Karena pendidikan yang baik adalah pendidikan yang disesuaikan dengan jamannya. Bangkitlah para guru segera update kemampuan kita agar seiring dan sejalan dengan kemajuan jaman dan teknologi.

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi