Semangat yang Harus Dimiliki Guru dalam Mendidik
(22)
12 0 26-05-2016
2 suka
12-07-2016, 11:36:08
Guru merupakan sosok yang selalu dinanti oleh siswa-siswanya di sekolah. Kehadirannya memberikan suasana yang cerah dan menggembirakan. Tutur kata dan sikapnya akan selalu ditiru dan dikenang oleh anak didiknya. Jabatan tangan dan senyuman memberikan kesejukan bagi mereka. Semangat dan perhatian menjadikan guru sebagai orangtua kedua bagi mereka yang terkadang memiliki perhatian yang lebih daripada yang mereka terima di rumah.
http://www.kesekolah.com/images2/big/2016061614013851265.jpg
Mendidik dan mengajar adalah dua pekerjaan yang bisa dikatakan berbeda namun sejatinya ketika guru yang melakoninya itu semua adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Di dalam pembelajaran di sekolah, guru tidak jarang mengalami kendala dalam membentuk siswa untuk menjadi pribadi yang manuasiawi. Salah satu yang sering muncul yaitu adanya siswa yang malas untuk bersekolah. Mungkin ini juga sering Anda alami. Melihat kondisi tersebut, Anda sebagi guru pasti langsung mencari anak tersebut dan memberikan pemahaman serta mengajak orang tuanya bekerjasama dalam mengawasi.

Tidak hanya itu guru kadang ada juga yang membiarkan begitu saja, karena sudah berkali-kali siswa tersebut dinasehati namun tetap saja tidak ada perubahan. Dan tidak hanya itu, guru juga merenungi dimana kekurangan dirinya dalam mengajar siswanya di kelas dan berusaha untuk memperbaikinya sehingga siswa lebih bersemangat untuk bersekolah. Terkait dengan kelambatan siswa dalam pembelajaran kadang pula menyebabkan guru merasa lelah dan memfonis anak tersebut sebagai anak yang lambat dalam pelajaran.

Beban guru yang begitu berat, belum lagi tugas tambahan yang juga dapat menyita perhatian guru dalam pembelajaran. Namun, semua itu bukan menjadi sebuah alasan untuk tidak mengerjakan tugas utama. Berusaha dengan kerja keras, serta selalu sadar bahwa pekerjaan guru merupakan sebuah amanah dan ibadah. Dan sudah semestinya semua itu dilaksanakan dengan penuh rasa kesadaran yang tinggi.

Guru merupakan sosok yang di ditiru siswa, guru merupakan pekerjaan yang mampu mengubah dunia ini. Guru pula yang mengukir masa depan bangsa ini. Marilah emban tugas ini dengan baik.

Sumber : kesekolah.com

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi