Tips Mudik Lebaran Agar Tetap Asik Dalam Perjalanan
aswin (612)
27 0 20-01-2017
2 suka
12-06-2018, 10:46:24

Libur telah tiba, libur telah tiba, hatiku gembira, Hore! Sepenggal lagu dari penyayi cilik Tasya Kamila yang selalu berdendang di kepala jika libur di depan mata. Bagi semua umat manusia hari libur adalah hari yang ditunggu-tunggu, karena hari libur adalah saatnya kita melpepaskan stress dari penatnya pekerjaan, dan moment dimana kita bisa berkumpul bersama keluaga tercinta atau bersama orang-orang terkasih. Buat kita yang super sibuk dengan jadwal yang padat, sampai-sampai suka lupa untuk mempersiapkan liburannya. Ini dia Tips untuk mempermudah segala sesuatunya dan membuat penjalalan kita lebih aman dan nyaman.

A. Siapkan kondisi yang Prima.


Mudik biasanya membutuhkan perjalanan yang jauh dan memakan waktu lama, maka dari itu beberapa hari sebelum keberangkatan perhatikalah asupan makan anda dan pola tidur, usahakan jangan makan-makanan yang tidak sehat karen akan berpengaruh dengan kondisi tubuh kita, jika kita makan sembarangan bisa saja terkena virus penyakit atau virus yang menyerang pencernaan, tidak mau kan batal mudik gara-gara sakit, atau terkena serangan diare mendadak pada saat di perjalanan, karena kebelet BAB pada saat di tengah jalan bukanlah ide yang bagus, pastinya sangat merepotkan.

Usahakan juga untuk tidak begadang jika keesokannya kamu hendak melaksanakan perjalanan jauh, jika kita begadang keadaan tubuh pun akan lemas dan mudah ngantuk, hal ini bisa mengakibatkan kamu kehilangan fokus, alhasil kita malah-malah bisa lupa atau meninggalkan sesuatu yang penting.

Jagalah pola makan yang sehat sebelum keberangkatan Mudik, banyak-banyaklah minum air putih dan jika perlu tambahkab suplemen kesehatan agar tidak gampang terkena sakit. Tidurlah yang cukup agar tubuh bugar dan sehat, perjalanan jauh pun kita tidak akan cepat lelah.

B. Persiapan.


Agar perjalanan mudik kita senantiasa aman gunakanlah waktumu jauh-jauh hari untuk mempersiapkan mudik kita, mulai dari pemesanan tiket atau jika kamu menggunakan kendaraan pribadi cek lah kendaraan pribadi kamu. Untuk yang menggunakan jasa trasportasi umum jangan lupa untuk booking tiket-nya maksimal 3 bulan sebelum keberangkatan, biasanya 1 sebelum tiket mudik cepat sekali habisnya.

Untuk tiket kereta api kamu bisa cek atau booking 3 bulan sebelumnya. Untuk Tiket pesawat kita juga bisa booking 1/2 bulan sebelum mudik, kalau kita booking di tanggal yang berdekatan kita bisa kena harga tiket pesawat yang lebih mahal. Jangan sampai kita kehabisan option transpotasi umum untuk mudik, karena tidak mungkin kita mudik menggunakan odong-odong atau berenang seperti film Case Away, kecuali kalau kamu Harry Potter mungkin bisa menggunakan sapu terbang.

Booking jauh-jauh hari sangat disarankan karena bisa membantu menghemat pengeluaran kita. Untuk kamu yang mudik mengunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor jangan sampai lupa untuk cek kendaraan kita, jika memang ada yang perlu diperbaiki, perbaikalah semaksimal mungkin agar kendaraan kami aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. Khususnya bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi dimohon untuk tidak melebihi kapasitas pemumpang, karena kelebihan muatan sangatlah berbahaya, pastikan semuanya aman dan selamat.

B. Perbekalan.


Perbekalan adalah hal penting selama melakukan perjalanan Mudik, baik itu perbekalan logistik, perbekalan peralatan dan oleh-oleh. Miminal 3 hari sebelum keberangkatan kita sudah packing barang-barang yang dibutuhkan, seperti pakaian, perlengkapan mandi, obat pribadi dan perelengkapan lainnya.
Agar tidak ada yang terlupa buatlah daftar barang bawaan, jika ada tambahan lagi segeralah masukan ke catatan kamu.
Bawalah barang-barang yang diperlukan saja, misalnya baju beberapa pasang sesuai dengan berapa lama kita mudik jangan terlalu banyak karena kita cuma mudik, bukan minggat, kecuai jika ada baju-baju lama yang hendak kamu sumbangkan, jadi ketika pulang mudik barang bawaanmu bisa lebih ringan.

Pisahkan barang-barang yang hendak dipakai selama perjalanan dan yang tidak, jika ada oleh-oleh untuk keluarga disana ada baiknya barang-barang tersebut juga dipisah, karena jika digabung akan agak susah untuk mencarinya bisa saja ada barang yang kelupaan untuk diberikan.

Jangan membawa yang tidak perlu, seperti mantan berserta kenanganya, jangan. Untuk Barang yang dipakai selama perjalan masukan saja ke day-pack (ransel) atau tas pinggang, barang-barang yang perlu kamu bawa di ransel kita adalah, dompet, obat pribadi, hp+charger dan tiket jika kita pergi dengan trasportasi umum.

C. Perjalanan.


Tiba waktunya untuk melakukan perjalanan mudik, siapkan segala sesuatunya dengan baik, jangan lupa periksa kembali barang bawaan kita jangan sampai ada yang tertinggal.

Bawalah makanan yang cukup untuk bekal selama perjalanan, jika melakukan perjalanan yang panjang lebih dari dua hari bawalah uang tunai yang cukup tidak perlu berlebihan, sebaiknya sebelum mudik lakukan perhitungan kisaran uang yang dibutuhkan selama di perjalanan.

Buatlah perhitungan secara terperinci agar terlihat kisaran biaya yang diperlukan. Hitunglah mulai dari pengeluaran yang besar sampai yang terkecil sekalipun seperti biaya parkir dan biaya buang air di WC umum, untuk membeli makanan dan minuman selama di perjalanan, bawa juga snack yang bisa untuk menahan lapar, seperti energy bar, roti atau apapun yang bisa mengganjal perut, hal ini bisa sangan berguna jika di jalan sedang ada kendala dengan kendaraan kita dan disekitar anda tidak ada yang menjual makanan.

Jika sudah mepersiapkan semuanya, jangan lupa pula untuk meninggalkan rumah dalam keadaan aman, jangan lupa untuk mematikan saluran air/listrik/gas dan lupa kunci pintu dan pastikan bahwa kita sudah tidak berada di dalam rumah, agar rumah aman dari orang jahil settingalah rumah kita seperti rumah angker, atau pasanglah police line “Rumah ini dalam pengawasan KPK”. Jika Mudik menggunakan kapal laut atau peswat terbang usahakanlah jangan turun di tengah perjalanan. Dan jangan lupa berdoa ya. Happy Ramadhan, selamat mudik semoga selamat sampai kota tujuan serta bisa berkumpul dengan keluarga dan dapat menyambut Idul Fitri 143H dengan suka cita, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Sonny XL (1,216)
12-06-2018 14:54:31

Bermanfaat sekali tips dan trik nya

  • 1

 

Reply

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi