8 Film Pendidikan Bernafaskan Perjuangan dan Inspirasi
55 1 20-02-2017
4 suka
20-07-2018, 12:25:43

 

 

 

 

 

 

 

1. Laskar Pelangi

Kisah kehidupan anak-anak dari keluarga miskin yang bersekolah di sebuah SD Muhammadiyah di Belitung. Meski dengan segala keterbatasan, namun hal itu justru melecut semangat mereka untuk sukses. Melalui Film Laskar Pelangi, kita dapat mengambil pelajaran dari seorang Bu Muslimah dalam mengajar. Bisa belajar tentang Anak yang berkembang dengan potensi dan cita-citanya masing-masing. Hingga belajar tentang bagaimana memanfaatkan kearifan lokal untuk memajukan dunia pendidikan. 

2. Sokola Rimba

Sokola Rimba hadir dengan kisah seorang guru bernama Butet Manurung yang ditugaskan oleh lembaga swasta untuk mengajar dan mendidik anak-anak di daerah terdepan, terpencil dan terluar Indonesia. Berbagai kendala dialami Butet saat harus mengajar di daerah pedalaman. Pemikiran orang tua murid yang  beranggapan bahwa kerja lebih penting daripada belajar, minimnya fasilitas, minimnya minat belajar anak, hingga karakter anak yang sulit diatur menjadi rintangan yang harus dihadapi. Dari Film inspirasi pendidikan “Sokola Rimba”, kita akan bisa belajar tentang semangat guru yang tidak akan padam untuk melakukan perubahan. Guru tidak akan berputus asa meskipun banyak hambatan dalam melaksanakan amanahnya sebagai guru.

3. Denias : Senandung Di Atas Awan

Denias, Senandung di Atas Awan. Film ini bercerita tentang Denias yang tinggal di pedalaman Papua. Awalnya Denias dan kawan-kawan belajar bersama “Pak Guru”, seorang prajurit TNI yang ditugaskan di distrik tersebut. Suatu saat Pak Guru harus kembali ke Jawa, dan Denias pun berjuang mencari sekolah di kota kecamatan.  Denias  menempuh perjalanan selama sepuluh hari melalui gunung, ngarai, hutan, dan sungai untuk bisa sampai di sekolah yang dituju. Namun sayang saat sampai di sana Denias tak bisa langsung masuk ke sekolah tersebut. Denias pun juga terlibat perkelahian dengan teman barunya. Namun meskipun begitu, Denias tetap berusaha mengikuti pembelajaran dengan sebaik mungkin. Dari film ini kita bisa belajar tentang bagaimana menjadi guru yang senantiasa dinantikan oleh muridnya, karena kepiawaian guru dalam mendidik dan mengajar. Film ini juga bisa digunakan untuk melecut semangat dan minat belajar pada siswa.

4. Tanah Surga Katanya

Film Tanah Surga Katanya menggambarkan sebuah kehidupan di wilayah terdepan dan terluar Indonesia. Nilai-nilai pendidikan nasionalisme mendominasi film ini, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dalam penanaman nasionalisme pada diri siswa

5. Sang Pemimpi 

Hal paling menarik yang tersirat dari film Sang pemimpi adalah sosok Guru bernama Balia yang benar-benar menginspirasi murid-muridnya untuk belajar hingga di tanah Eropa. Meski sempat terbelit dengan berbagai masalah hidup yang sempat mematahkan semangat untuk sekolah hingga di jenjang perguruan tingi, akhirnya inspirasi dari gurunya itulah yang membuat semangat itu kembali menyala.

6. Temani Aku Bunda

Film temani aku bunda muncul dengan mengangkat sebuah fakta miris dalam dunia pendidikan Indonesia. Diangkat dari sebuah kasus nyata dimana seorang siswa dipaksa oleh gurunya untuk memberikan contekan kepada temannya (contek masal). Disana menimbulkan pergulatan batin dari si anak jujur yang dipaksa curang. Film ini benar-benar bisa menjadi alat untuk berkaca bagi semua praktisi akademisi Indonesia, bahwa seharusnya ambisi akan “nilai” tidak menjadikan karakter baik itu dikesampingkan. Terlebih dengan adanya gerakan pengembangan karakter yang saat ini sedang digembor-gemborkan. Apalah gunanya nilai sempurna, apabila karakternya begitu tercela.

7. Jembatan Pensil

Film jembatan pensil menggambarkan perjuangan sekelompok anak SD dalam menuntut ilmu. Dimana setiap harinya mereka harus menempuh perjalanan yang jauh dan sulit untuk menuju sekolah. Beberapa dari mereka memiliki keterbatasan  fisik dan mental, namun mereka tetap pantang menyerah. Setiap anak pun  memiliki kelebihan bakat di bidang masing-masing. Film ini memberi inspirasi bahwa sebagai pendidik harus senantiasa bersemangat untuk mendidik karena mereka punya tekad kuat untuk belajar bersama. Selain itu, film ini akan membuka mata bahwa setiap anak memiliki kelebihan masing-masing, yang bisa untuk diarahkan dan dikembangkan.

8. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Kisah inspiratif guru bangsa sang agen perubahan, begitulah mungkin hal paling tepat disematkan untuk Film dan perjalanan hidup Tjokroaminoto.  Dimulai dengan keluar dari zona nyaman sebagai kaum ningrat yang turun ke tengah masyarakat , membangun organisasi yang kuat demi melawan penjajah hingga membuka sekolah rakyat yang akhirnya memunculkan lulusan hebat  bernama Soekarno yang kelak menjadi Proklamator Bangsa

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi