5 Tokoh dalam Film Disney yang bisa membentuk karakter positif anak, Parents sudah tahu?
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
29-06-2019, 08:57:52

Siapa, sih, yang tidak mengenal film Disney semacam Winnie The Pooh, Aladdin, Cinderella, atau seperti film yang paling anyar  yaitu Toy Story yang masih tayang di bioskop? Tak hanya si kecil, masa kecil Parents tentu sudah banyak dihiasi dengan menyaksikan dan mengenal beragam tokoh karakter Disney inspiratif?

Ya, beragam kisah klasik yang diciptatakan dan dikemas oleh Disney memang tidak hanya sekadar menghibur, namun sekaligus memberikan pesan penting yang perlu diingat dalam kehidupan sehari-hari, bahkan terkait dengan pola asuh.

Perusahaan raksasa seperti The Walt Disney ini terbilang sangat produktif dalam membuat kisah menarik yang penuh dengan tokoh-tokoh unik. Untuk mempermudah Parents, kali ini kami akan merangkum beberapa karakter Disney inspiratif yang dapat menjadi contoh positif untuk anak-anak.

Karakter Disney inspiratif bagi buah hati

Parents tentu sudah memahami bahwa si kecil ibarat spons yang mudah menyerap dan meniru apa pun yang ia lihat. Maka tidak mengherankan jika perlu lebih hati-hati ketika mengizinkan si kecil untuk menikmati sebuah film. Belum lagi jika mengingat usia anak-anak masih belum bisa membedakan mana yang tokoh imajinasi dan bukan.

Oleh karena itu, si kecil perlu dipaparkan dengan film yang memang sesuai dengan usianya. Misalnya, seperti film garapan Disney yang menghadirkan karakter-karakter yang bisa memberikan inspirasi.  Ada begitu banyak tokoh Disney yang unik, beberapa yang inspiratif di antaranya:

Woody (Toy Story)

“Yang membuat Woody spesial adalah, dia tidak akan pernah meninggalkanmu. Apa pun yang terjadi, ia akan terus berada di sisimu.”– Andy, Toy Story 3

Toy Story merupakan salah satu karya Disney yang paling populer. Film yang pertama dibuat pada 1995 ini mengisahkan tentang mainan milik seorang anak bernama Andy yang hidup saat manusia tidak sedang bersama mereka. 

Selain menampilkan sisi petualangan yang seru, tokoh utama dalam film ini yang bernama Woody juga dikenal sebagai sosok sahabat yang setia dan penuh dengan keberanian. Si koboi yang satu ini juga tidak pernah memandang seseorang dari sifat atau cara mereka memperlakukannya.  

Dari kisah Toy Story pertama sampai film sekuelnya yang  ke-4, Woody merupakan tokoh yang memiliki karakter yang terus berkembang ke arah positif. Dia semakin dewasa dalam menghadapi masalah, serta semakin menghargai arti dari kebersamaan dan persahabatan.

Parents bisa langsung mengenalkan sosok Woody ini dengan mengajak buah hati menonton film Toy Story 4 yang sedang diputar di bioskop, lho. Apalagi di film Toy Story 4 ini ada banyak kejutan yang bisa didapatkan. Cocok dijadikan menu kencan bersama si kecil.

Mulan 

“Seperti kata kaisar, bunga yang mekar dari kesulitan dan perbedaan adalah yang paling langka dan indah dari bunga lainnya.”– Mulan

Sosok Mulan mengajarkan kita tentang kesetaraan, bahwa perempuan dan laki-laki memiliki hak yang sama dalam menggapai impian mereka. 

Mulan merupakan seorang perempuan yang menyamar sebagai laki-laki dan bergabung dengan kelompok militer untuk menggantikan posisi ayahnya yang sedang sakit. Dalam penyamaran ini, bahkan Mulan termasuk ke dalam salah satu prajurit paling kompeten dalam pasukan.

Tidak hanya tangguh, Mulan juga merupakan sosok yang memiliki tekad kuat dan pantang menyerah dalam mengejar impiannya. 

Belle (Beauty and the Beast)

“Aku ingin berpetualang di tempat yang luas, karena aku ingin melampaui kemampuanku.”– Belle, Beauty and the Beast

Belle merupakan Disney Princess yang tidak pernah menyerah dalam mencari ilmu. Di lingkungan tempat tinggal yang menekankan bahwa ‘tempat wanita itu hanya di rumah dan mengurus rumah tangga’, Belle malah bertekad kuat untuk mencari ilmu dengan membaca daripada menerima lamaran seorang pria.

Selain mencari ilmu untuk dirinya sendiri, Belle juga aktif mengajarkan keterampilan membaca dan bekarya pada perempuan lain yang tinggal di sekitarnya. 

Ia merupakan cerminan perempuan baik hati yang pintar, tekun, dan pantang menyerah. 

Russell (Up)

“Aku rasa, sesuatu yang membosankan malah bisa menjadi hal yang paling aku ingat.”– Russell, Up.

Anak kecil menggemaskan ini merupakan salah satu tokoh yang menarik dari film Up. Ia adalah anggota pramuka berusia 9 tahun yang pada akhirnya menolong Carl (seorang kakek yang hidup seorang diri) untuk mewujudkan mimpi.

Meski sudah berkali-kali ditolak, Russell tetap setia membantu dan menemani perjalanan Carl dalam membawa terbang rumah kakek tersebut menggunakan balon-balon udara untuk sampai tempat tujuan, air terjun. 

Russell adalah bocah yang selalu penasaran terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya. Ia juga penuh semangat dan selalu ingin membantu orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan. 

Moana 

“Lautan adalah teman sejatiku.” – Moana

Moana adalah putri dari kepala suku pulau Motunui yang penuh dengan semangat, ulet, serta optimis. Dia tumbuh di sebuah pulau sehingga tak heran jika dia sangat mencintai lautan. 

Ketika pulau tempat tinggalnya diancam oleh kekuatan gelap, Moana memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman. Ia berlayar, menembus lautan agar penduduk di pulau tersebut selamat. 

Moana juga merupakan sosok yang berbakti pada orangtua. Dia seorang petualang tangguh yang percaya akan kemampuan yang dimilikinya.

Nah, itulah lima karakter inspiratif yang bisa Parents kenalkan pada si kecil. Jangan lupa ceritakan tentang hal-hal positif dari karakter-karakter tersebut saat Anda mengenalkan mereka, ya. Hal ini dilakukan agar buah hati Anda bisa mempelajari atau bahkan menirukan sikap baik seperti tokoh kesukaannya. 

***

Sumber : https://id.theasianparent.com

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi