10 Cara Sederhana Melatih Otak untuk Meningkatkan IQ, Fokus, dan Kreativitas Seseorang
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
409 suka
24-09-2019, 14:25:06

Menjadi orang yang pintar dan cerdas adalah dambaan hampir setiap orang. Bahkan ada yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk mengikuti program pelatihan otak.

Menjadi orang yang pintar dan cerdas adalah dambaan hampir setiap orang. Bahkan ada yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk mengikuti program pelatihan otak untuk meningkatkan IQ, fokus, dan kreativitas. Sebenarnya ada banyak pelatihan otak gratis yang dapat Anda pelajari untuk membuat otak Anda lebih smart.

Pada postingan kali ini, temonggo akan memperkenalkan 10 pelatihan otak sederhana dan gratis yang akan meningkatkan kinerja otak Anda dan membuat Anda lebih pintar. Artikel ini ditulis oleh Dr. Jamie Schwandt pada laman lifehacks dengan beberapa tambahan yang kami buat dan sedikit modifikasi agar lebih mudah dipahami.

Pentingnya pelatihan otak

Susunan sel saraf utama pada otak manusia disebut neuron. Dengan mempelajari cara-cara untuk meningkatkan sel saraf ini, kita akan membuka dinding penghalang di kepala agar bisa berkembang dan meningkatkan kekuatan otak kita.

Jadi intinya adalah, Kita dapat meningkatkan kekuatan otak dan kecerdasan melalui latihan tertentu. Anda mungkin bertanya-tanya: Dalam kesibukan kami, bagaimana saya dapat menemukan waktu untuk melakukan latihan? Jawabannya sederhana dan tidak sesulit yang dibayangkan

Pelatihan otak adalah pelatihan kognitif yang menggunakan latihan untuk meningkatkan kekuatan otak. Dengan meningkatkan kekuatan otak, Anda akan menemukan bahwa IQ, fokus, dan keterampilan kreatif Anda akan meningkat juga.

Berikut ini adalah 10 aktivitas yang dapat Anda gunakan untuk membuat diri Anda lebih cerdas dan pintar:

1. Belajar dan mengajarkannya

Sebelum seseorang mengajarkan sesuatu, dia pasti harus memahami terlebih dahulu hal yang diajarkan. Oleh karena itu, mengajar dapat meningkatkan pengetahuan seseorang. Semakin sering seseorang mengajarkan sesuatu kepada orang lain, dia akan semakin tahu banyak hal.

Jika Anda adalah seorang guru, Anda patut bersukur karena Anda dekat dengan ilmu. Jika anda pelajar atau orang yang ingin mempelajari sesuatu, cobalah seolah-olah Anda mengajar dan menerangkan di depan kelas saat membaca sebuah buku / pelajaran. Hal ini akan meningkatkan imajinasi dan membuat Anda lebih cepat dalam memahami sesuatu.

2. Belajar sambil menulis

Imam Syafi'i, salah satu dari empat imam madzhab mengatakan; "Ilmu ibarat binatang buruan dan tulisan adalah ikatannya, ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat. Termasuk kebodohan kalau engkau memburu kijang, setelah itu kamu tinggalkan terlepas begitu saja".

Salah satu metode sederhana untuk belajar dan meningkatkan kecerdasan adalah menulis. Dengan menulis, kita memaksakan diri untuk membuat sebuah ide dan konsep, kemudian merangkai tulisan tentang konsep tersebut.
Mulailah menulis di beranda facebook Anda, temukan beberapa ide kemudian rangkai ke dalam sebuah tulisan sederhana. Atau tulis yang Anda dengar dari orang lain dengan sedikit modifikasi dan dengan menggunakan gaya bahasa anda sendiri. Coba tulis di dinding facebook Anda dan perhatikan feedback dari teman-teman Anda di kolom komentar.

3. Olahraga

Olahraga tidak hanya meningkatkan kebugaran, tetapi juga akan meningkatkan kekuatan otak. Olahraga bisa meningkatkan kadar faktor neurotropik otak (BDNF) yang mendukung neurogenesis. Neurogenesis adalah proses kelahiran blok neuron baru di otak kita.

Jangan terlalu berfikir olahraga yang berat, cobalah olahraga dengan hal yang sederhana, cukup dengan merutinkan jalan pagi di rerumputan tanpa menggunakan alas kaki, atau bersepeda setiap hari. Kalau Anda punya banyak waktu luang, cobalah main ke gym untuk meningkatkan kebugaran.

Olahraga juga bisa menghilangkan kepenatan dari rutinitas dan pekerjaan harian. Dengan berolahraga, otak bisa fresh dan tubuh menjadi bugar. Lakukan 20 menit olahraga ringan setiap hari agar badan dan pikiran selalu fresh.

4. Mendengarkan Audiobook

Audiobook adalah salah satu solusi memahami buku tanpa harus membacanya. Audiobook secara sederhananya adalah buku yang dibacakan untuk kita dalam sebuah audio dan kita bisa mendengarkannya kapan saja di mana saja karena berupa file audio.

Ini bisa dilakukan saat berolahraga, mengemudi, tiduran, atau aktivitas lainnya. Kalau susah untuk menemukan audiobook dalam Bahasa Indonesia, coba dengarkan saja ceramah agama. Ada banyak sumber di internet untuk mendengarkan ceramah, pilih saja ustadz yang Anda sukai, lalu dengarkan sambil melakukan aktivitas lainnya.

5. Membaca dengan cerdas

Saat Anda tertarik dengan sebuah buku, tidak perlu membaca keseluruhan isi buku tersebut. Cobalah mulai membaca buku dengan lebih cepat dan cerdas.

Ada beberapa cara sederhana untuk membaca buku dengan cepat;

  • Lihat buku dengan sepintas terlebih dulu. Mulailah dengan halaman judul, bagian dalam sampul, daftar isi, lalu cover bagian belakang buku.
  • Lihat poin utama yang ditulis di buku. Buat sebuah pertanyaan “mengapa” dalam setiap bab, misalnya “Mengapa penulis membahas tentang hal ini?”.
  • Buatlah pertanyaan:
    – Apa yang dibahas di buku itu?
    – Kenapa anda membelinya?
    – Info apa yang anda dapat dari buku tersebut?

Tak perlu membaca penjabaran keseluruhan buku, yang biasanya isinya kebanyakan bertele-tele. Langsung saja fokus pada intinya.

6. Sesekali cobalah berjalan mundur

Bukan berjalan mundur dalam arti yang sebenarnya, tapi cobalah sesekali berfikir mundur ke belakang. Abaikan orang yang selalu bilang “Mari kita berfikir ke depan agar lebih maju, jangan lihat ke belakang”.

Mundur bukan berarti kalah dan menyerah. Maurice Ashley, Grandmaster Catur, membahas pentingnya analisis melangkah mundur atau alasan untuk mundur.

Mari kita lihat alasan melangkah mundur;

Coba baca kalimat berikut : Setelah membaca kalimat ini, Anda akan menyadari bahwa otak tidak menangkap kata ‘ini’ dua kali.

Sekarang baca kalimatnya lagi. Apakah Anda memperhatikan bahwa Anda melewatkan kata ‘ini’ yang tersembunyi?

Coba baca kalimat berikut (ini) : Setelah membaca kalimat (ini), Anda akan menyadari bahwa otak tidak menangkap kata ‘ini’ dua kali.

Pikiran kita sangat logis dan maju ke depan, jadi kita tidak melihat dua kata ‘ini’, Namun, jika kita membaca kalimat itu kembali, kita akan menemukannya.

“Apa yang tidak lazim biasanya merupakan petunjuk daripada permasalahan. Dalam memecahkan masalah semacam ini, hal yang perlu dilakukan adalah mampu bernalar mundur". – Sherlock Homes -

7. Menyederhanakan perhitungan

Mari kita lihat cara mudah menyelesaikan soal matematika dengan cepat yang tidak diajarkan di sekolah;

Cara mudah mengalikan angka dua digit dengan sebelas:

  • 32 x 11
  • Cukup tambahkan dua digit pertama: 3 + 2 = 5
  • Tempatkan 5 antara 3 dan 2 dan Anda memiliki jawaban Anda: 352
  • 32 x 11 = 352

Cara mudah menambahkan dua digit angka:

  • 84 + 57
  • Tambahkan 84 + 50 = 134
  • Kemudian tambahkan 134 + 7 = 141
  • 84 + 57 = 141

Cara mudah mengurangi tiga digit angka:

  • 645 – 372
  • Ambil 645 – 400 = 245
  • Kemudian tambahkan 28 (atau 20 kemudian tambahkan 8) yang didapat dari 400 – 372 = 28
  • 245 + 20 = 265 + 8 = 273

645 – 372 = 273

8. Think ( berfikir ) , Try ( mencoba ), Learn ( belajar ) 

Gunakan metode Think – Try – Learn untuk menyelesaikan sebuah masalah.

  • Berfikir: Berteori, Memprediksi, Merencanakan.
  • Mencoba: Uji, Amati, Rekam, Mainkan.
  • Pelajari: Analisis, Definisikan Makna, Ubah, Kembangkan.

9 . Aplikasi pengasah otak

Sesekali cobalah cari aplikasi di playstore yang bisa mengasah otak, semacam catur, teka-teki, tebak gambar, puzzle atau yang lainnya. Jangan terlalu banyak membuang waktu untuk main game, tapi cobalah sewajarnya saja untuk mengalihkan pikiran dari hal-hal yang berat.

Atau Anda bisa mengunjungi laman teka-teki & tebak-tebakannya Temonggo, ada banyak teka-teki menarik yang bisa Anda coba pecahkan.

10. Belajar bahasa asing

Mempelajari bahasa baru adalah salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan kecerdasan dan kapasitas kognitif Anda. Cobalah aplikasi duolingo atau yang semisalnya, saat ini belajar bahasa asing bisa sangat mudah dan menyenangkan.

Pelatihan otak sangat bermanfaat

Melatih otak sangatlah penting, kita bisa melakukan hal-hal sederhana untuk meningkatkan kekuatan otak , IQ, berpikir kreatif, dan meningkatkan keterampilan untuk berpikir kritis. Dengan menggunakan 10 pelatihan otak yang mudah ini, Anda akan meningkatkan rangkaian neuron dan membuka batasan dalam otak untuk meningkatkan kekuatan otak Anda.

 

Sumber : https://temonggo.com/10-cara-sederhana-melatih-otak-untuk-meningkatkan-iq-fokus-dan-kreativitas-seseorang/

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi