7 Strategi Mengajar yang Efektif Untuk Kelas
74 0 30-07-2019
5 suka
26-09-2019, 09:46:03

Ruang kelas adalah lingkungan yang dinamis, menyatukan siswa dari latar belakang yang berbeda dengan berbagai kemampuan dan kepribadian. Karena itu menjadi guru yang efektif memerlukan penerapan strategi pengajaran yang kreatif dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan individu siswa.

Apakah Anda sudah mengajar dua bulan atau dua puluh tahun, mungkin sulit untuk mengetahui strategi pengajaran mana yang paling cocok untuk siswa Anda. Sebagai seorang guru tidak ada solusi 'satu ukuran cocok untuk semua', jadi di sini ada serangkaian strategi pengajaran yang efektif yang dapat Anda gunakan untuk menginspirasi praktik kelas Anda.

1. Visualisasi
Bawa konsep akademik yang membosankan ke kehidupan dengan pengalaman belajar visual dan praktis, bantu siswa Anda untuk memahami bagaimana sekolah mereka berlaku di dunia nyata.

Contohnya termasuk menggunakan papan tulis interaktif untuk menampilkan foto, klip audio dan video, serta mendorong siswa Anda untuk keluar dari kursi mereka dengan eksperimen kelas dan kunjungan lapangan lokal.

2. Pembelajaran kooperatif
Dorong siswa yang memiliki berbagai kemampuan untuk bekerja bersama dengan menggunakan kegiatan kelompok kecil atau seluruh kelas.

Dengan mengungkapkan secara verbal ide-ide mereka dan menanggapi orang lain, siswa Anda akan mengembangkan kepercayaan diri mereka, serta meningkatkan komunikasi dan keterampilan berpikir kritis yang sangat penting sepanjang hidup.

Memecahkan teka-teki matematika, melakukan eksperimen ilmiah dan memerankan sketsa drama pendek hanyalah beberapa contoh bagaimana pembelajaran kooperatif dapat dimasukkan ke dalam pelajaran kelas.

3. Instruksi berbasis inkuiri
Ajukan pertanyaan yang merangsang pemikiran yang menginspirasi siswa Anda untuk berpikir untuk diri mereka sendiri dan menjadi pembelajar yang lebih mandiri.

Mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dan menyelidiki ide-ide mereka sendiri membantu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mereka serta mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep-konsep akademik. Keduanya merupakan keterampilan hidup yang penting.

Pertanyaan dapat berbasis sains atau matematika seperti 'mengapa ukuran bayangan saya berubah?' Atau 'apakah jumlah dua angka ganjil selalu merupakan angka genap?'. Namun, mereka juga dapat menjadi subyektif dan mendorong siswa untuk mengekspresikan pandangan unik mereka, misalnya "Apakah puisi harus bersajak?" Atau "haruskah semua siswa mengenakan seragam?"

4. Diferensiasi
Bedakan pengajaran Anda dengan mengalokasikan tugas berdasarkan kemampuan siswa, untuk memastikan tidak ada yang tertinggal.

Menugaskan kegiatan kelas sesuai dengan kebutuhan belajar siswa yang unik berarti individu dengan kemampuan akademik yang lebih tinggi direnggangkan dan mereka yang berjuang mendapatkan dukungan yang sesuai.

Ini dapat melibatkan membagikan lembar kerja yang bervariasi dalam kompleksitas untuk kelompok siswa yang berbeda, atau menyiapkan berbagai stasiun kerja di sekitar kelas yang berisi berbagai macam tugas untuk dipilih oleh siswa.

Selain itu, menggunakan alat pendidikan seperti SISKO dapat menghemat waktu Anda karena secara otomatis mengelompokkan siswa Anda untuk Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi kesenjangan pembelajaran individu dan seluruh kelas

5. Teknologi di ruang kelas
Memasukkan teknologi ke dalam pengajaran Anda adalah cara yang bagus untuk secara aktif melibatkan siswa Anda, terutama ketika media digital mengelilingi anak muda di abad ke-21ini.

Papan tulis interaktif atau perangkat seluler dapat digunakan untuk menampilkan gambar dan video, yang membantu siswa memvisualisasikan konsep akademik baru. Belajar dapat menjadi lebih interaktif ketika teknologi digunakan karena siswa dapat secara fisik terlibat selama pelajaran serta secara langsung meneliti ide-ide mereka, yang mengembangkan otonomi.

Perangkat seluler, seperti iPad dan / atau tablet, dapat digunakan di ruang kelas agar siswa dapat merekam hasil, mengambil foto / video atau hanya sebagai teknik manajemen perilaku. Plus, memasukkan program pendidikan seperti SISKO ke dalam rencana pelajaran Anda juga merupakan cara yang bagus untuk membuat penilaian formatif menyenangkan dan menarik.

6. Manajemen perilaku
Menerapkan strategi manajemen perilaku yang efektif sangat penting untuk mendapatkan rasa hormat siswa Anda dan memastikan siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai potensi penuh mereka.

Bising, ruang kelas yang mengganggu tidak mendorong lingkungan belajar yang produktif, oleh karena itu mengembangkan suasana saling menghormati melalui kombinasi disiplin dan penghargaan dapat bermanfaat bagi Anda dan siswa Anda.

Contohnya termasuk grafik hadiah yang menyenangkan dan interaktif untuk siswa yang lebih muda, di mana individu bergerak naik atau turun berdasarkan perilaku dengan siswa top menerima hadiah pada akhir minggu. 'Waktu emas' juga dapat bekerja untuk siswa dari segala usia, dengan pilihan berbagai kegiatan seperti permainan atau tidak ada pekerjaan rumah sebagai imbalan atas kerja keras mereka.

7. Pengembangan profesional
Terlibat dalam program pengembangan profesional reguler adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran di kelas Anda.

Dengan kebijakan pendidikan yang terus berubah, sangat berguna untuk menghadiri acara di mana Anda dapat memperoleh inspirasi dari guru dan akademisi lainnya. Ini juga merupakan alasan yang bagus untuk keluar dari ruang kelas dan bekerja bersama dengan guru lain seperti kamu!

Sesi dapat mencakup belajar tentang teknologi pendidikan baru, pelatihan keselamatan online, saran tentang cara menggunakan asisten pengajar Anda dan banyak lagi.

Menjadi guru yang efektif adalah sebuah tantangan karena setiap siswa unik, namun, dengan menggunakan kombinasi strategi pengajaran Anda dapat mengatasi berbagai gaya belajar dan kemampuan akademik siswa serta menjadikan ruang kelas Anda lingkungan yang dinamis dan memotivasi bagi siswa.

Strategi apa yang Anda gunakan untuk menjadi guru yang efektif? Apakah Anda punya kiat teratas? Komentar di bawah - kami ingin sekali mendengar dari Anda.

(Dikutip dan diterjemahkan dari https://www.quizalize.com dengan sedikit penyesuaian)

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi