3 Cara Ubah File JPG ke PDF di Android dan PC
Sonny XL (1,216)
111 88 27-02-2013
0 suka
26-09-2019, 16:43:08

DETIKINET - Kalian pernah diharuskan mengirimkan file dalam bentuk PDF tapi file yang dimiliki justru dalam format JPG? Atau mungkin kalian baru saja memindai file dengan format JPG tapi ingin mengedit bagian dari file tersebut sehingga harus diubah menjadi PDF terlebih dahulu?

Tidak perlu khawatir, karena saat ini telah ada banyak layanan yang bisa membantu kalian untuk mengubah file dengan format JPG menjadi PDF dengan mudah.

Tidak hanya cara ini bisa digunakan di berbagai platform, kalian juga bisa melakukannya dalam keadaan offline maupun online. Ingin tahu caranya? Berikut 3 cara mengubah file JPG ke PDF yang bisa dicoba di Android maupun PC.

1. Secara Online di Android dan PC

Mengubah file JPG ke PDF secara online memiliki sejumlah keunggulan. Pertama kalian bisa melakukannya di banyak platform yang tersedia asalkan terhubung dengan internet.

Kedua, kalian bisa melakukannya tanpa mengunduh software tambahan karena cukup menggunakan broswer yang sudah ada.

Untuk mengubah file JPG ke PDF secara online baik di Android maupun PC pertama kalian harus membuka situs Small PDF yaitu https://smallpdf.com/jpg-to-pdf di browser pilihan.

Klik opsi Choose file yang ada di bagian tengah layar untuk memilih file JPG yang ingin diubah. Kalian juga bisa drag-and-drop file yang diinginkan langsung dari file manager ke browser.

Atau jika file yang ingin diubah ada layanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive, kalian bisa mengunggahnya langsung dari sana. Tidak perlu khawatir karena tidak ada batasan ukuran file yang bisa diunggah.

Setelah memilih file yang ingin diubah, tunggu beberapa saat hingga file selesai diunggah. Setelah selesai diunggah kalian bisa langsung mengatur format file PDF yang diinginkan.

Kalian bisa memilih ukuran kertas yang diinginkan, orientasi (portrait atau landscape) dan ukuran margin. Jika semua pengaturan sudah sesuai keinginan klik Create PDF Now!.

Tunggu sejenak hingga proses konversi selesai. Setelah selesai kalian bisa langsung mengunduh file JPG yang sudah diubah menjadi PDF langsung ke smartphone Android atau PC kalian.

2. Secara Offline di Android

Jika sedang dalam kondisi offline atau tidak terhubung dengan internet, kalian juga tetap bisa mengubah file JPG ke PDF menggunakan aplikasi Android. Salah satu aplikasi yang umum digunakan untuk konversi JPG ke PDF adalah 'JPG to PDF Converter' garapan Weeny Software.

Cara menggunakannya mudah saja. Setelah mengunduh aplikasi JPG to PDF Converter di Google Play Store, buka aplikasi tersebut dan pilih file JPG yang ingin diubah dengan klik opsi Files di sisi kiri atas. Kalian juga bisa mengubah file-file JPG yang sudah dikumpulkan dalam satu folder dengan klik opsi Folder di sebelahnya.

Setelah memilih file yang ingin diubah kalian bisa mengatur format sesuai yang diinginkan. Di sini terdapat opsi untuk mengubah ukuran kertas, orientasi, kompresi gambar jika ingin ukurannya menjadi lebih kecil serta proteksi password untuk melindungi file PDF kalian dari orang tidak bertanggungjawab.

Jika semua pengaturan telah sesuai dengan yang diinginkan, klik Convert to PDF. Secara otomatis file JPG yang sudah diubah menjadi PDF akan langsung disimpan di memori internal smartphone Android kalian.

3. Secara Offline di PC

Mengubah file JPG ke PDF di PC yang menggunakan Windows 10 secara offline juga bisa dilakukan tanpa mengunduh software tambahan. Caranya pun tidak ribet.

Pertama buka foto dengan format JPG yang ingin diubah menggunakan aplikasi Photos bawaan Windows 10. Setelah terbuka, klik ikon printer yang ada di sisi kanan atas.

Di menu drop-down paling atas, ubah printer default menjadi Microsoft Print to PDF. Setelah itu, kalian bisa mengubah pengaturan format lainnya seperti ukuran kertas, ukuran foto dan margin halaman.

Klik Print untuk mengubah file JPG menjadi PDF. Pastikan bahwa file kalian nantinya tersimpan dalam format PDF, dan klik save untuk menyimpan file tersebut di folder yang diinginkan di PC kalian.

Sumber : https://inet.detik.com/tips-dan-trik/

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi