Teaching Factory (TEFA)
SISKO (490)
65 0 18-02-2014
1 suka
03-10-2019, 10:06:16

Peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan perlu terus ditingkatkan sesuai dengan tuntutan pasar / dunia kerja, baik skala regional maupun internasional. Berdasarkan data statistik bahwa lulusan dari jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA, SMK ) yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu 34,40% serta lulusan SMA yang tidak melanjutkan ke PT sebesar 88,40% kondisi ini berarti betapa besar jumlah SDM usia produktif yang mencari pekerjaan.

Dengan demikian akan terjadi kesenjangan sosial, maka pengembangn pendidikan keterampilan produksi melalui teaching factory sangat diperlukan sebagai alternatif yang berguna untuk memecahkan dan mengatasi keadaan tersebut.

SMKS Shalatiyah sebagai lembaga pendidikan akan mempersiapkan calon tenaga kerja dengan fasilitas yang ada akan meningkatkan peran dan tidak hanya mendidik tetapi juga dapat melakukan langkah-langkah strategis dalam mengatasi permasalahan peningkatan kualitas ketenagakerjaan secara sinergis dengan dimilikinya teaching factory nanti.

Implementasi program peningkaan kualitas lulusan SMK dilakukan penerapan konsep Teaching Factory. Teaching factory adalah konsep pembelajaran berbasis industri ( produk dan jasa ) melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar.

Teaching factory menekan pendidikan yang lebih demand oriented, membekali para peserta didik dengan karakter kewirausahaan dan melibatkan dunia usaha / dunia industri sebagai mitra utama.

Kandala yang dihadapi saat 

 

Download SISKO di Google Playstore (FREE)

Pesan

Notifikasi