Pecinta Buku, Ini 5 Desain Perpustakaan di Rumah Khusus Untuk Kamu
35 0 29-07-2019
0 suka
24-10-2019, 10:00:42

Pencinta Buku, Ini 5 Desain Perpustakaan di Rumah Khusus untukmu 

Idntimes.com  - Ketika ditanya, mimpi para pencinta buku adalah punya perpustakaan pribadi di rumah untuk menyimpan koleksi buku-bukunya dengan rapi. Nah, kalau kamu punya anggaran dan tenaga untuk membangun perpustakaan di rumah, jangan tunda-tunda lagi untuk merealisasikan mimpimu! 

Kamu bisa mengkhususkan satu ruangan yang akan ditransformasi menjadi perpustakaan pribadi idaman atau menggunakan salah satu sudut pada ruangan di rumah. Desainlah dengan bantuan desainer interior atau desain sendiri dengan referensi dari buku dan internet. 

Pada dasarnya, perpustakaan, terutama di rumah, bukan cuma ruangan yang diisi rak buku dan diberi tempat duduk untuk membaca. Banyak faktor yang mendukung dalam proses penciptaan perpustakaan pribadi dengan desain yang menggugah. Dekoruma sudah mengumpulkan lima desain perpustakaan di rumah yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak di bawah ini!

1. Perpustakaan penuh warna

Pencinta Buku, Ini 5 Desain Perpustakaan di Rumah Khusus untukmu 

Desain perpustakaan di rumah yang minimalis dan didominasi warna netral memang bisa membawa suasana ketenangan. Namun desain seperti ini kadang bisa membosankan. Salah satu cara untuk menghindari rasa bosan tersebut adalah dengan memberi warna lain pada perpustakaan pribadi. Bukan hanya buku koleksimu yang penuh warna, tapi juga perpustakaannya itu sendiri. 

Tentukan satu warna utama dan beberapa warna tambahan lain yang masih dalam satu skema warna. Warna utama diletakkan pada dinding dan warna pada furnitur dan dekorasi dalam perpustakaan. Kombinasikan juga warna-warna lain untuk efek visual yang lebih menggugah. 

2. Kombinasi minimalis dan klasik

Pencinta Buku, Ini 5 Desain Perpustakaan di Rumah Khusus untukmu 

Daripada tampil terlalu polos dengan desain minimalis atau terlalu klasik, mengapa kamu tidak memadukan keduanya? Hadirkan warna netral pada aspek-aspek utama perpustakaan seperti pintu, dinding, rak buku, lantai, karpet, dan tirai. Kemudian, tambahkan furnitur-furnitur bergaya mid-century modern atau klasik seperti sofa, lampu gantung berukir, dan meja vintage sebagai aksen yang melengkapi gaya klasik kontemporer perpustakaanmu. 

3. Unik dengan rak diagonal

Pencinta Buku, Ini 5 Desain Perpustakaan di Rumah Khusus untukmu 

Tidak bisa dimungkiri bahwa rak buku adalah furnitur utama yang membentuk perpustakaan di rumah. Desainnya pun bermacam-macam, mulai dari rak freestanding pendek sampai yang terintegrasi dari langit-langit sampai ke lantai. 

Selain itu, ada juga berbentuk diagonal. Mulai dari yang berdiri sendiri hingga terbuat dari kotak penyimpanan terbuka, rak diagonal ini cocok diletakkan di perpustakaan rumah bila kamu ingin membuat perpustakaanmu ini berbeda dari yang lainnya.

4. Manfaatkan ruang bawah tangga

Pencinta Buku, Ini 5 Desain Perpustakaan di Rumah Khusus untukmu 

Punya ruangan di bawah tangga yang posisinya sedikit aneh dan sulit untuk difungsikan jadi ruangan lain? Ubah saja jadi perpustakaan. Mulailah dengan menempatkan rak persis di bawah tangga dan sesuaikan bentuknya. Lalu, letakkan rak-rak lain di sekeliling tangga, tempat duduk berupa kursi lounge atau sofa, dan karpet dengan bantal-bantal jika kamu suka duduk di lantai. Voila! Jadilah perpustakaan pribadi yang memanfaatkan ruang tidak terpakai. 

5. Kombinasikan dengan ruang kerja

Pencinta Buku, Ini 5 Desain Perpustakaan di Rumah Khusus untukmu 

Jika ruangan di rumah terbatas tapi keinginan untuk membuat perpustakaan sudah tidak terbendung, kombinasikan ruang kerja dengan perpustakaan pribadi. Kalau kamu suka bekerja atau belajar menggunakan buku sebagai referensi, buku-buku tersebut akan berada dalam jangkauan yang dekat. Kamu tinggal memaksimalkan rak di ruang kerja dan tempatkan buku-bukumu di situ. 

Dengan punya perpustakaan sendiri, kamu bisa lebih nyaman ketika membaca buku tanpa perlu takut ada gangguan dari orang lain yang lalu-lalang di rumah. Mengatur koleksi pun bakal jauh lebih mudah dan teratur dengan ketersediaan tempat yang banyak yang didedikasikan khusus buat buku-buku kesayanganmu. 

Sumber : https://www.idntimes.com/life/family/pinka-wima/desain-perpustakaan-di-rumah/full

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi