Jangan Salah Lagi, Ini 5 Tips Sarapan Agar Tubuh Berenergi
35 0 29-07-2019
0 suka
28-10-2019, 08:31:27

Foto: iStock

Detikcom - Saat sarapan sering terjadi kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan sehingga membuat tubuh menjadi kurang berenergi. Untuk itu perlu melakukan tips sarapan ini.

Sarapan merupakan waktu makan di pagi hari yang tak boleh dilewatkan. Dengan melakukan sarapan bisa menambah energi untuk tubuh saat menjalani kegiatan setelahnya.

Namun, seringkali sarapan dilakukan dengan kesalahan-kesalahan seperti soal memilih makanan dan kandungan nutrisi di dalamnya. Hal tersebut bisa berakibat pada kurangnya energi sehingga tubuh cenderung menjadi lemas.

Dilansir dari Nutritious Life 2017 lalu, supaya tubuh lebih berenergi lakukan 5 tips sarapan berikut ini. (raf/odi)

Foto: iStock

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Tips sarapan dapat dimulai dengan jangan melewati sarapan. Kesalahan yang masih sering dilakukan adalah melewati sarapan. Itu karena kebanyakan orang tidak merasa lapar saat mereka bangun tidur. Meskipun begitu, kamu tetap tidak boleh melewatkan waktu sarapan, karena dengan sarapan akan menjaga hormon lapar sehingga dapat mengatur diri sendiri untuk membuat suasa hari menjadi lebih baik.

Namun, tak sedikit juga orang yang mengaku sudah terbiasa tak sarapan. Untuk menangani masalah ini, tips sarapan yang perlu diterapkan adalah mengambil camilan kecil untuk dikonsumsi. Kamu bisa mengambil sesendok almond atau selai kacang. Kedua camilan tersebut adalah contoh makanan yang mengemas banyak protein dan lemak.

Dengan menerapkan tips sarapan ini, maka akan membuat perut menjadi kenyang lebih lama lagi. Bahkan melebihi dari yang kamu kira. Selain itu, tips sarapan ini juga bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi saat menjalankan aktivitas selanjutnya.

Foto: iStock

2. Hindari Makanan Manis untuk Sarapan

Agar lebih berenergi lagi, lakukan tips sarapan dengan menghindari makanan dengan rasa yang manis. Itu karena makanan yang banyak mengandung gula justru bisa membuat merasa ngantuk. Karenanya kamu harus menghindari makanan sarapan ala Amerika seperti pancake dan pop tarts.

Bahkan makanan yang dikenal menyehatkan seperti sereal dan yogurt pun biasanya mengandung gula tambahan.Atau kamu bisa melakukan tips sarapan dengan menggunakan rasa manis dan gurih alami dari bahan-bahan yang lebih menyehatkan. Misalnya seperti menu oatmeal dengan menggunakan campuran minyak zaitun, keju parmesan, garam laut dan lada hitam.

Untuk yogurt, kamu bisa menggunakan alpukat, timun, tomat, dan minyak zaitun extra virgin. Tips sarapan dengan mencampurkan bahan-bahan tersebut dapat memberikan cita rasa manis yang alami. Sehingga menghindari dari rasa kantuk atau penyakit lainnya yang disebabkan oleh rasa mani berlebih seperti diabetes, obesitas, darah tinggi dan lainnya.

Foto: iStock

3. Hindari Karbohidrat Berlebih

Menghindari kandungan karbohidrat yang berlebih pada menu makanan sarapan merupakan salah satu tips sarapan yang penting untuk dilakukan. Mengingat banyak orang yang beranggapan bahwa karbohidrat satu-satunya kandungan yang dapat membuat perut menjadi kenyang. Sehingga banyak orang yang memiliki sarapan dengan roti panggang dengan mentega atau selai.

Nyatanya, makanan yang mengandung karbohidrat berlebih seperti roti panggang mentega tersebut dapat membuat perut merasa lapar kembali dalam satu jam. Untuk itu, lakukan tips sarapan dengan memenuhi asupan protein dan makanan yang kaya serat. Makanan yang mengandung nutrisi tersebut ada mulai dari telur, sayuran, yogurt buah, kacang dan biji-bijian.

Dengan melakukan tips sarapan yang satu ini, maka akan menjaga gula darah kamu menjadi tetap stabil dan perut terasa kenyang. Jika perut terasa kenyang, tubuh akan terasa lebih berenergi sampai pada waktu makan siang nanti. Supaya tidak terlalu repot, kamu bisa membuat dengan menu-menu sederhana dari bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi.

Foto: iStock

4. Jangan Hanya Mengandalkan telur untuk protein

Selama ini banyak orang yang hanya mengandalkan telur untuk mendapat kandungan protein. Hal tersebut adalah kesalahan saat sarapan yang umum terjadi. Padahal masih banyak bahan makanan lainnya yang terdapat kandungan protein di dalamnya. Lakukan tips sarapan dengan memasukkan lebih banyak kacang-kacangan atau biji-bijian ke dalam menu sarapan kamu.

Tips sarapan tersebut dapat digunakan bagi kamu yang memiliki alergi terhadap telur. Juga mematahkan persepsi orang-orang yang hanya mengandalkan telur untuk asupan proteinnya. Hal ini bukan berarti kamu harus menghindari telur. Dengan mengganti menu harian maka asupan yang masuk ke dalam tubuh juga akan bervariasi.

Sarapan dengan menu makanan yang kaya protein bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih berenergi, tetapi juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya melangsingkan tubuh dan terhindari dari berbagai penyakit.

Foto: iStock

5. Banyak Minum Air Putih

Banyak orang yang selalu mengawali pagi hari dengan menyeruput kopi sebagai menu sarapan. Ternyata kebiasaan tersebut adalah suatu kesalahan. Tips sarapan yang baik adalah mengawali pagi hari dengan banyak meminum air putih. Bukan sebuah rahasia lagi bahwa air putih menyimpang segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Idealnya, saat bangun tidur pertama kali kamu harus mengisi perut dengan segelas air putih. Kamu juga bisa memberi sedikit perasan lemon ke dalam air putih tersebut. Terkadang pula, rasa haus menipu sehingga kita berpikir bahwa tubuh merasa lapar. Padahal kenyataannya tubuh hanya membutuhkan cairan.

Itulah sebabnya saat pagi hari dan selama makan sarapan dianjurkan untuk banyak meminum air putih. Agar tubuh lebih berenergi dan tidak mudah merasa lapar. Tips sarapan ini masih sering diabaikan tanpa mementingkan manfaat yang akan diberikan pada tubuh.

Sumber : https://food.detik.com/info-sehat/d-4756093/jangan-salah-lagi-ini-5-tips-sarapan-agar-tubuh-berenergi/6/#news

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi