7 Harapan Millennial Bagi Pendidikan di Era Revolusi Industri
74 0 30-07-2019
1 suka
15-01-2020, 09:36:21

Pendidikan adalah salah satu tolak ukur kesuksesan suatu bangsa. Nelson Mandela menjelaskan bahwa pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan pendidikan kamu dapat mengubah dunia.

Di era revolusi industri 4.0 perlu dilakukan pembenahan khususnya pendidikan di Indonesia. Pada abad ke-21 ini sebagian besar millennial memiliki harapan untuk Indonesia kedepannya.

Inilah 7 harapan millennial bagi pendidikan bangsa, simak!

1. Memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan bakat

7 Harapan Millennial Bagi Pendidikan di Era Revolusi Industrinovakdjokovicfoundation.org

Seperti yang kita ketahui, bahwa mata pelajaran di Indonesia banyak sekali. Bukan hanya anak SMA, melainkan sekolah dasar juga sudah menerapkan banyak mata pelajaran. Oleh karena itu perlu adanya meminimalisir mata pelajaran terlebih lagi mata pelajaran sesuai minat bakat siswa.

2. Kesadaran penuh masyarakat bahwa nilai bukanlah standar kepintaran siswa

7 Harapan Millennial Bagi Pendidikan di Era Revolusi Industri
Unsplash/Alexis Brown

Di Indonesia nilai itu adalah salah satu Tolak ukur kecerdasan. Padahal kecerdasan itu bukan dari segi akademik saja. Banyak sekali macam kecerdasan diantaranya kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosi.

3. Selalu mengapresiasi karya, baik itu akademik maupun non akademik

7 Harapan Millennial Bagi Pendidikan di Era Revolusi Industrilaort.edu

Salah satu penggerak perubahan negara adalah dengan diadakannya apresiasi karya anak bangsa. Seperti selalu diadakannya kegiatan yang positif serta memberikan reward kepada pelajar. Dalam bidang akademis, pelajar perlu diapresiasi tinggi karena kesan itu memberikan dampak positif.

4. Meningkatkan teknologi dalam proses pembelajaran

7 Harapan Millennial Bagi Pendidikan di Era Revolusi Industrieschoolnews.com

Era revolusi industri 4.0 sangat erat kaitannya dengan internet. Dalam metode belajar pun internet perlu diratakan pelayanannya baik itu di desa maupun di kota. 

5. Sumber daya manusia pengajar yang berkualitas

7 Harapan Millennial Bagi Pendidikan di Era Revolusi Industrirand.org

Guru merupakan komponen utama dalam mencerdaskan para pelajar. Maka dari itu, perlunya pelatihan bagi guru baik itu cara metode belajar agar mudah disampaikan kepada para siswa.

6. Biaya pendidikan terjangkau

7 Harapan Millennial Bagi Pendidikan di Era Revolusi Industritheodysseyonline.com

Selain sumber daya pengajar yang berkualitas, tentunya biaya pendidikan pun harus di perhatikan. Karena dari pelosok negeri sangat mengkhawatirkan keadaan biaya sekolah semakin mahal.

7. Sekolah menjadi tempat yang menyenangkan

7 Harapan Millennial Bagi Pendidikan di Era Revolusi Industripixabay.com/nikolayhg

Bukan tempat bermain yang menyenangkan bukan? Sekolah pun bisa disulap menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswa. Contohnya dalam film Big Brother, Donnie Yen sekolah diubah menjadi tempat yang menyenangkan.

Itulah setidaknya suara harapan millennial untuk Indonesia. Siapa pun presidennya semoga bisa memberikan kemanfaatan bagi Indonesia khususnya dalam bidang pendidikan. Yuk semangat millenial untuk Indonesia lebih baik!

Artikel ini dikutip melalui : https://www.idntimes.com/opinion/politic/ade-lisna/harapan-millennial-bagi-pendidikan-di-era-revolusi-industri-smartfren-c1c2/full?q=pendidikan
dengan sedikit perubahan

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi