Apa saja tips yang bagus untuk belajar mandiri atau sendiri ?
43 0 26-09-2019
1 suka
10-02-2020, 13:37:58

Untuk bisa mendapatkan kesuksesan di masa depan harus giat dalam belajar, dengan belajar seseorang dapat mendapatkan ilmu yang belum diketahui. Mahasiswa ataupun pelajar berlomba-lomba agar mendpatkan hasil yang membanggakan di akhir ujian. Belajar tidak hanya bisa dilakukan beramai-ramai di dalam kelas, tetapi dapat dilakukan diluar kelas juga.

Hasil dari belajar tergantung dari bagaimana cara kita dalam belajar, karena setiap orang memiliki cara belajar masing-masing. Agar dapat mendapatkan hasil yang baik dalam ujian, lebih baik jika mahasiswa atau pelajar mempunyai dan menerapkan tips belajar yang baik di saat mereka belajar. 

Di dalam belajar kita harus menerapkan tips agar belajar kita lebih efektif dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal, meskipun belajar sendiri tidak berkelompok.

Apa tips yang bagus untuk belajar sendiri?
Belajar sendiri tentu sangat menyenangkan bagi beberapa orang. Selain mendapat ketenangan yang ia inginkan , dia juga bisa mengatur waktu kapan ia ingin mulai dan kapan ia ingin berhenti untuk belajar. Namun belajar sendiri tentu mempunyai cara tersendiri agar menjadi lebih efektif dari belajar bersama sama. Berikut beberapa tips dan trik belajar sendiri.

1. Bayangkan dirimu seorang Pro
Cara ini sering juga digunakan untuk membangun mental anda. Cara ini dilakukan dengan meningkatkan kepercayaaanmu bahwa kamu akan sukses dengan terus belajar. Kamu juga harus membayangkan bagaimana semuanya akan terjadi secara detail kedepannya saat kamu belajar bahkan ketika kamu akan ujian.

Mulailah ketika sarapan pagi dan pejamkan matamu bahwa bagaimana kamu ingin menjalani hari ini dan yakinkan kembali dirimu untuk meraih sukses hari ini. Lalu pikirkan juga ketika sore nanti kamu telah berhasil menyerap semua pelajaran hari ini dan akan melakukan refreshing dengan berjalan-jalan atau sekedar menonton film sebagai hadiah kepada dirimu sendiri karena berhasil menyerap dengan baik pelajaran hari ini.

2. Belajar yang sulit di awal hari
Kenapa belajar yang sulit diawal hari ? Ya, otak manusia sendiri dapat bekerja optimal 2-4 jam setelah ia bangun tidur. Jadi belajar pelajaran yang kamu anggap susah diawal hari bisa membantu kamu untuk memahami pelajaran tersebut lebih mudah daripada biasanya.

3. Pembagian waktu
Belajar sampai lupa waktu sangat tidak cocok untuk belajar sendiri. Justru pembagian waktu merupakan salah satu kunci kebershasilan belajar sendiri. Cobalah dengan 25 menit untuk belajar.

Baik itu membaca, menulis, atau praktek tergantung tipe belajar terbaik kamu. Lalu gunakan 5 menit untuk istirahat, selanjutnya kerjakan soal soal yang bisa kamu buat sendiri atau dari guru atau dosenmu selama 25 menit. Lalu ambillah istirahat. Jauhilah meja kamu. Ambil udara segar, snack, bisa juga dengan meminum kopi atau teh.

4. Selalu ingat kembali
Trik pertama dalam mengingat kembali yang ampuh ialah berbicara dengan beberapa orang tentang apa saja yang kamu pelajari. Bisa juga dengan anggota keluarga, sahabat, dan lain lain. Terlalu malu untuk berbicara didepan umum ? anggaplah dirimu sebagai guru dan mereka ialah seorang murid yang sangat membutuhkan ilmu pengetahuan dari mu.

Trik Kedua ialah membuat point-point penting tentang apa saja yang kamu pelajari di beberapa kertas yang kamu tempelkan di kamarmu. Tulislah dengan spidol bewarna agar terlihat menarik. Garis bawahi kata kata yang menurut kamu ialah kata kunci pada apa yang kamu baru pelajari. Selipkan beberapa humor ala kamu agar membuatnya lebih menarik. Terus baca ketika kamu melihatnya di kamarmu.

5. Tidur dengan cukup.
Jika kamu ingin metode belajar sendirimu berhasil tidurlah dengan cukup dimalam hari. Karena menurut sebuag studi tidur yang cukup dapat membantu kamu mengingat apa yang kamu pelajari dengan baik, serta membuang segala hal yang dianggap otak tidak perlu. Lalu bagaimana caraa mengoptimalkan tidur agar menjadi lebih fresh di keesokan harinya.

Pertama tidurlah dengan keadaan tubuh yang miring. Sebuah studi menjelaskan jika tidur dengan badan yang mring dapat membantu pembuangan sampah sampah memori di otak selama seharian. Lalu hindari juga bermain hape sebelum tidur karena cahayanya dapat menyebabkan otak kamu selalu waspada dengan keadaan sekitar. Minum susu serta melakukan hal hal relaxing lainnya sebelum tidur seperti mendengarkan musik dapat membantu kamu mendapatkan tidur yang optimal.

Artikel ini dikutip melalui https://www.dictio.id/t/apa-saja-tips-yang-bagus-untuk-belajar-mandiri-atau-sendiri/9214/6

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi