7 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu
43 0 26-09-2019
8 suka
08-05-2020, 09:37:13

KOMPAS.com - Bagi kamu yang sudah lulus SMA, MA atau SMK, pasti sudah mulai 'ancang-ancang' ingin kuliah di mana nantinya. Tapi buat yang masih bingung, bisa simak tips berikut 

Selain ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2020, kamu juga bisa memilih kampus swasta sesuai keinginanmu.

Tapi Sebelum memilih kampus, kamu harus menentukan jurusan atau program studi apa yang pas dengan minat dan bakatmu. Kalau bisa, kamu jangan asal pilih ya...

Mengutip dari laman Universitas Pasundan (Unpas), berikut 7 tips memilih jurusan kuliah yang tepat buat kamu.

1. Pahami potensi diri

Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu dan berjuang untuk masuk ke sana, lebih baik kamu kenali dulu potensi diri.

Misal kamu punya potensi di bidang Sains dan Matematika, tentu jurusan yang ada hubungannya dengan hal ini lebih didahulukan. Contohnya saja jurusan Statistika atau Pendidikan Dokter.

Tapi sebaliknya, kalau kamu memiliki potensi di bidang Bahasa Asing dan Sastra, jurusan Sastra Inggris atau bahasa lain bisa diambil sesuai dengan kemampuan. Beberapa orang mungkin bisa dengan mudah mengambil jurusan dari IPA dan IPS.

Namun, alangkah lebih baik kalau jurusan yang diambil didasari dari kemampuan diri sendiri. Dengan begitu aktivitas kuliah yang nantinya akan diambil tidak memberatkan.

2. Kenali passion yang dimiliki

Modal utama lainnya ialah passion atau hasrat. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang Sains, tapi ternyata minat dan keinginan berada di jurusan Bahasa karena memang menyukai sastra.

Karenanya, kamu bisa mengambil jurusan yang agak berseberangan dengan kemampuan. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat, bahkan menjadi salah satu hobi.

Kalau passion sudah mengalahkan segalanya, belajar pun juga akan berjalan dengan penuh kegembiraan. Artinya, kamu akan enjoy kuliah di jurusan tersebut.

3. Sesuaikan biaya kuliah

Untuk biaya kuliah, setiap jurusan berbeda-beda. Ada yang cukup mahal hingga ratusan juta rupiah dan ada yang kurang dari sepuluh juta rupiah.

Kalau kamu ingin kuliah di jurusan apa pun, pertimbangkan keuangan dari orangtua. Jangan sampai mengambil jurusan yang cukup mahal biaya pendidikannya, tapi orangtua tidak mampu membiayainya.

Jadi, sebaiknya kamu diskusi dengan orangtua dahulu terkait dengan jurusan yang akan diambil dan pertimbangan biayanya. Kalau orangtua bisa mengusahakan, kamu tidak akan kebingungan, tapi kalau sulit direalisasikan ya kamu bisa mengambil jurusan lain atau mencari beasiswa.

4. Lihat peluang kerja

emua jurusan kuliah memiliki peluang pekerjaan masing-masing. Misal jurusan Manajemen Pariwisata, nanti yang akan bekerja di sektor pariwisata dan perencanaannya.

Kalau mengambil jurusan Keperawatan, peluang pekerjaan bisa didapatkan di rumah sakit atau klinik di seluruh dunia. Ambil jurusan yang sekiranya memiliki peluang pekerjaan cukup tinggi.

Percuma jika mengambil yang terlihat keren tapi peluang kerjanya sangat rendah. Lihat alumni dari jurusan yang akan kamu ambil agar tahu jenis pekerjaan apa saja bisa dimasuki.

5. Lakukan riset

Lakukan riset terkait dengan jurusan yang akan kamu ambil. Riset ini bisa dilakukan dengan mencari tahu lokasi, mata kuliah, lulusan, biaya kuliah persemester, hingga profil dari jurusan. Riset ini akan membuat kamu semakin yakin apakah akan mengambil jurusan tersebut atau tidak.

Sebelumnya,buat daftar beberapa jurusan kuliah yang kemungkinan besar kamu memiliki minat dan kemampuan di sana. Bandingkan satu demi satu jurusan itu untuk mendapatkan 2-3 jurusan terbaik. Dari sini kamu bisa menaruhnya sebagai pilihan dan menunggu hasil ujian yang nantinya dilakukan.

6. Tidak ikut teman

Sepele tapi ini bisa merugikan jika kamu salah pilih jurusan hanya gara-gara ikut-ikutan teman saja. Apa pun alasannya jangan sesekali mengikuti teman atau mungkin kekasih kalau mengambil jurusan kuliah. Hanya pilih jurusan yang sesuai minat dan kemampuanmu.

Meski beda jurusan dengan temanny, tapi tidak masalah kalau nantinya kamu tidak memiliki teman di awal kuliah. Seiring dengan berjalannya waktu, teman juga akan datang sendiri. Fokuslah dengan apa yang akan diperoleh. Dengan begitu, situasi sesulit apa pun bisa diatasi dengan mudah.

7. Konsultasi dengan ahli

Tips terakhir ini jika kamu benar-benar buta dengan jurusan apa saja yang akan diambil. Maka solusinya, lakukan konsultasi. Konsultasi ini bisa dilakukan dengan guru, orangtua, kakak tingkat, atau siapa saja yang lebih ahli dalam bidang ini.

Sebelum tes masuk perguruan tinggi, usahakan memiliki jurusan yang akan dituju. Jangan asal memilih karena kalau terlanjur masuk dan kamu tidak menikmatinya, peluang kuliah cepat lulus akan rendah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu", https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/26/16150021/7-tips-memilih-jurusan-kuliah-yang-cocok-untuk-kamu?page=all.

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi