Sebenarnya, Kita (Indonesia) Itu Hebat!
4 0 02-10-2013
2 suka
30-10-2013, 12:19:19
Kalau dianalogikan dengan sebuah komputer, anak-anak didik kita terdiri atas perangkat keras/hardware dan perangkat lunak/software. Hardware merujuk pada fisik, fisiologis, dan genetik. Software merujuk pada apa yang akan di-install-kan pada hardware mereka melalui sistem pendidikan. Dari sisi perangkat keras, anak-anak didik kita merupakan anak-anak yang hebat. Betapa tidak, secara genetik kita adalah keturunan dari orang-orang yang luar biasa, yang telah mampu membuat suatu keajaiban dunia. Keajaiban dunia yang dimaksud bukan lah candi Borobudur yang pernah disebut-sebut sebagai keajaiban dunia beberapa tahun yang lalu, bukan pula Komodo yang kemarin-kemarin kita ramai-ramai melakukan voting lewat sms atau website. Keajaiban dunia yang dimaksud antara lain, Bagaimana bisa orang-orang...
Read more >>
01-11-2013 08:54:16
Ketika membaca judul artikel ini, saya tergelitik untuk memberikan komentar.

Saya ingin melihat dari prestasi terakhir putra bangsa yang barusaja bisa kita lihat bersama, yaitu prestasi tim nas U-19.

Saya bukan penggemar berat sepakbola, tapi kl timnas U-19 main, saya pasti sempetin untuk nonton di tv, karena permainannya enak dilihat dan sangat bagus sehingga pada pertandingan terakhir berhasil mengalahkan korea selatan.

Sebuah prestasi yang patut dibanggakan ditengah keterpurukan bangsa atas semua masalah yang menimpa, sebenarnya jika putra-putri bangsa dapat di bina sesuai bakat dan kemampuannya, akan sangat mungkin Indonesia menjadi sebuah negara besar.

Buat teman-teman semua, temukan passion kalian dan hiduplah dengan itu, karena itulah yang akan bisa membuat seseorang yang tadinya nothing menjadi something. Jangan menyerah dengan keadaan, karena Indonesia perlu terus berjuang untuk menjadi negara besar.
Masri (29)
01-11-2014 00:57:38

Instal Ulang

"mengambil cuti sampai lima tahun..." (khusus ibu ibu saja kah?.. atau bisa buat bapak)..
Instal Ulang (Baiknya di backup dahulu, kacian... file file peradaban yang sudah ribuan tahun hilang lenyap tak berbekas)
Kurikulum 2013 rasanya sudah cocok untuk backup file-file tersebut..
Jika kita perhatian dengan seksama, maka akan kita jumpai suatu keunikan.
Keunikan tersebut berupa kesamaan Kompetensi Inti pada setiap kelas dalam suatu jenjang pendidikan yang sama.

Misalkan yang tertulis pada KI-1 kelas 1 Sekolah Dasar yang berbunyi:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Ternyata KI-1 ini juga sama untuk KI-1 pada kelas 2 s/d kelas 6 Sekolah Dasar. Ini berarti terdapat satu tujuan yang terintegrasi pada setiap jenjang, namun esensinya tetap disesuaikan berdasarkan pada setiap jenjang

Menariknya lagi, KI pada kurikulum 2013 terbagi menjadi 4, yakni KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4.
Lalu,
apa perbedaan dari ketiga KI ini?. Secara sekilas, KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4 memang terlihat sama. Namun jika dicermati, terdapat perbedaan di antara keempatnya.
KI-1 adalah Kompetensi inti untuk aspek spiritual,
KI-2 adalah kompetensi inti untuk aspek sosial,
KI-3 adalah Kompetensi inti untuk aspek pengetahuan, dan
KI-4 adalah Kompetensi inti untuk keterampilan.

NAH...
Setelah seluruh empat aspek yang tertuang dalam 4 kompetensi inti seperti yang telah disebutkan di atas, maka kita bisa lakukan INSTAL ULANG dengan nyaman

setelah instal jangan lupa keseluruhan aspek kompetensi inti. Dalam artian, guru harus mampu membantu membentuk tidak hanya pengetahuan siswa, akan tetapi juga membentuk diri siswa yang akhlaqul ihsan, mampu bersosialisasi dengan sangat baik, dan memiliki keterampilan yang kelak akan sangat berguna bagi perkembangannya di dunia kerja.

Sukses Selalu
  • 1

 

Reply

Download SISKO di Google Playstore (FREE)

Pesan

Notifikasi