Universitas Cambridge Kerja Sama Pendidikan di Kaltim
Dewi Dee (966)
581 10 14-03-2013
0 suka
21-04-2014, 15:13:00
University of Cambridge, salah satu universitas terkemuka dunia di Inggris ,mengembangkan pendidikan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kehadiran universitas itu dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar).

kerja sama tersebut dalam bentuk pengadaan material bahan ajar, tes kemampuan bahasa Inggris untuk siswa SMP dan SMA dan pembuatan modul bahan ajar bahasa Inggris untuk sekolah-sekolah SMP dan SMA serta pelatihan untuk guru di pemerintah daerah (pemda) kabupaten itu.

Country Manager, University of Cambridge untuk Indonesia Tri Turturi mengatakan kerja sama dengan Pemda Kukar merupakan kerja sama yang pertama di Indonesia.Ia mengapresiasi Pemda Kukar karena peduli pada pendidikan untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) daerahnya.

“Cambridge University memberikan apresiasi pada Pemda Kukar sebagai daerah pertama di Indonesia yang menjalin kerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan dan SDM nya,” kata Tri Turturi didampingi Bupati Kukar Rita Widyasari, Minggu (20/4).

Dengan kerja sama itu, kata Tri, Universitas Kukar akan menjadi universitas pertama di Indonesia yang dapat mengakses buku dan jurnal koleksi Cambridge University.

Menurut Rita, kerja sama tersebut berlangsung selama lima tahun ke depan.Pihaknya akan mengirim lima siswa berprestasi ke Universitas Cambridge setiap tahunnya untuk menimba ilmu di universitas terbaik di dunia itu. Peluang bagi siswa berprestasi Kukar lainnya juga terbuka untuk menimba ilmu di luar negeri, karena Pemda akan mencarikan orang tua asuh dari perusahaan di perusahaan wilayah itu.

“Kami berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan dan SDM di Kutai Kertanegara,"kata Rita.

Hemat dia, kerja sama ini penting bagi Kukar dalam rangka mempersiapkan generasi pemimpin masa depan. Rita berharap dengan investasi pendidikan itu, Kukar tidak hanya tergantung kepada sumber daya alam namun mampu mencetak SDM yang kelak siap membangun daerahnya.

Ke depan Kukar dapat mampu menjadi destinasi pendidikan di Kalimantan khususnya dan di Indonesia pada umumnya. (Syarief Oebaidillah)


Sumber : metronews.com

 

Download SISKO di Google Playstore (FREE)

Pesan

Notifikasi