Indonesia Kini Miliki Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Singapura
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
20-06-2014, 16:31:09
Kemdikbud --- Mulai tahun 2014 ini pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi memiliki Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menugaskan Ismunandar, dosen pada FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB), sebagai Atdikbud pertama di KBRI Singapura.

Penempatan Atdikbud di Singapura tersebut ditujukan untuk meningkatkan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi antara Indonesia dengan Singapura. Dalam bidang kerja sama pendidikan, Indonesia dan Singapura telah memiliki MoU yang diperbaharui dengan ditandatanganinya MoU dalam bidang pendidikan pada Leader’s Retreat di Bogor pada awal bulan Maret 2012.

Hubungan diplomatik Indonesia – Singapura telah berlangsung pada tingkat Duta Besar sejak 7 September 1967. Hubungan bilateral kedua negara pun kemudian berkembang secara baik, positif, dan konstruktif. Kerja sama antara kedua negara terwujud dalam berbagai bidang kehidupan.

Republik Singapura adalah negara yang relatif kecil dengan luas 712,4 km2 dan populasi 5,1 juta penduduk). Namun Singapura memiliki arti penting bagi Indonesia. Singapura merupakan negara tetangga yang berbatasan langsung dengan Indonesia. Selain itu Indonesia dan Singapura sama-sama merupakan negara pendiri ASEAN. Singapura juga menjadi negara asal FDI terbesar kedua setelah Jepang.

Warga Indonesia yang menetap di Singapura relatif banyak, yaitu sekitar 200.000 orang, dan 24.000 di antaranya adalah pelajar. Kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia termasuk yang terbesar. Sebaliknya, cukup besar juga warga Indonesia yang menjadi wisatawan ke Singapura.

Untuk korespondensi dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Singapura, dapat menghubungi alamat berikut: Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Singapura Education and Cultural Attaché Indonesia Embassy 7 Chatsworth Road Singapore 249761, dan surat elektronik ke: [email protected].

Sumber : kemdikbud.go.id

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi