Tips Agar Bersemangat Belajar
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
10-06-2016, 15:49:36
Sering para guru dan orang dewasa lainnya mengingatkan siswa agar selalu bersemangat belajar. Dengan semangat belajar yang tinggi akan diraih hasil belajar yang memuaskan. Akan tetapi bagi siswa sendiri tidak mudah untuk menerapkan peringatan tersebut.

Masih banyak siswa belajar seakan kekurangan gairah dan semangat belajar. Baru beberapa jam belajar terasa sudah letih, capek bahkan terasa hendak menguap melulu. Ini menunjukkan adanya ketidakberesan dalam diri siswa. Bisa jadi ada kebiasaan-kebiasaan siswa yang tidak sesuai dengan statusnya sebagai anak sekolah.
http://2.bp.blogspot.com/-j9RPl6zk0to/VpQ3cQYyUlI/AAAAAAAAGtY/-4BcaL7oE9U/s300/pembelajaran.png

Jika hal tersebut dibiarkan berlanjut akan sulit untuk memperoleh hasil belajar siswa yang diinginkan. Boleh jadi orang tuanya tetap mempunyai harapan agar anaknya memperoleh nilai baik. Maka tidak heran lagi orang tua berusaha mati-matian untuk mencari uang demi membiayai sekolah anaknya. Kondisi ini jika tidak dibarengi dengan usaha anak justru akan menimbulkan kekecewaan pada orang tua.

Berikut ini beberapa alternatif penting yang perlu dilakukan oleh siswa agar bersemangat belajar:

1.Sarapan pagi

Usahakan agar selalu sarapan pagi sehingga mendapat pasokan energi kimia dalam tubuh yang memadai dan tetap bergairah untuk mengikuti pelajaran. Siswa yang mengalami ketidakberesan dalam belajar sering berawal dari kekurangan energy karena tidak sarapan. Baca: Pentingnya Sarapan Bagi Anak

2.Tidur dan istirahat yang cukup

Jika siswa suka dan sering telat tidur, atau tidur selalu sampai larut malam sudah pasti akan mengantuk dalam mengikuti pelajaran keesokan harinya. Mata merah seperti orang mabuk. Padahal ia masih muda dan berada di bangku sekolah. Makanya, usahakan tidur paling lambat pukul sepuluh malam.

3.Hindari persoalan yang belum waktunya difikirkan

Tidak dapat dipungkiri, anak usia sekolah banyak yang melibatkan diri dengan persoalan-persoalan yang belum mesti mereka cimpungi. Fikiran mereka akan terganggu belajar sehingga tidak bergairah mengikuti pelajaran. Salah satunya adalah konflik pergaulan remaja, komflik dengan orang tua, dan lain sebagainya.

4.Jadikan sekolah sebagai tempat menyenangkan

Anak yang cerdas sesungguhnya bukanlah dilihat dari prestasi akademis semata. Anak cerdas akan terlihat dari kreativitasnya mengelola lingkungan sosial dengan baik. Mampu bergaul dengan sesama siswa dan guru sehingga kondisi sekolah betul-betul membuatnya senang berada di sekolah.

5.Menjaga kesehatan fisik

Menjaga kesehatan fisik sesungguhnya tidak banyak memerlukan biaya bagi seorang siswa. Banyak makan buah dan sayuran serta banyak minum air putih. Tentu yang lebih penting lagi adalah menggunakan waktu istirahat dan tidur dengan baik.

Itulah beberapa poin penting sebagai tips agar bersemangat belajar. Tentu masih banyak poin lain untuk mencapai tujuan dimaksud. Semoga bermanfaat.


Sumber : matrapendidikan.com

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi