PERSATUAN DAN KERUKUNAN/BAB:X PAI XII/SMKPB/ROSMEDI. S. Pd. I
(359)
8 0 08-11-2016
1 suka
25-11-2016, 09:44:04
Pengertian Persatuan ï‚— Didalam kamus besar bahasa Indonesia, arti persatuan adalah gabungan yang terdiri atas bagian yang telah bersatu. Umat islam, kususnya di Indonesia hidup rukun dan damai, maka Insyaallah persatuan bangsa Indonesia akan dapat terwujud.
3. Pengertian Kerukunan ï‚— Didalam kamus besar bahasa Indonesia, kata dasar kerukunan adalah rukun yang artinya hubungan persahabatan, damai dan tidak saling berselisih. Oleh karena itu tugas pemimpin didalam pemerintah antara lain adalah berusaha menciptakan kerukunan hidup beragama.
4. Pengertian Persatuan dan Kerukunan ï‚— gabungan dari berbagai macam unsur yang berbeda yang diikat menjadi satu ikatan yang menyatu yang lebih mengutamakan aspek kesamaan dibandingkan perbedaan.
5. Dalil Persatuan dan Kerukunan ï‚— Artinya: orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (Al-Hujarat:10)
6. Dari (Q.S. Al Hujarat:12) yang menyebabkan runtuhnya persatuan dan kerukunan yaitu.. a) Memperolok-olok orang lain baik laki-laki b) c) d) e) f) maupun perempuan Mencaci orang lain dengan kata-kata yang menyakitkan Memanggil orang lain dengan gelar-gelar yang tidak disukai Berburuk sangka Mencari kesalahan orang lain Menggunjing
7. Membiasakn Sikap Persatuan dan Kerukunan  Supaya persatuan dan kerukunan dapat tegak dengan kokoh diperlukan empat tiang penyangga yaitu hal-hal berikut : A. Ta’aruf, yaitu saling kenal mengenal yang tidak hanya bersifat fisik atau biodata ringkas belaka, tetapi lebih jauh lagi menyangkut latar belakang pendidikan, budaya, keagamaan, pemikiran, ide-ide, cita-cita, serta problema hidup yang di alami. B. Tafahum, yaitu saling memahami kelebihan dan kekurangan, kekuatan dan kelemahan masing – masing, sehingga segala macam bentuk kesalahpahaman dapat di hindari.
8. C. Ta’awun, yaitu tolong menolong dimana yang kuat menolong yang lemah dan yang memiliki kelebihan menolong orang yang kekurangan. D. Takaful, yaitu saling memberikan jaminan, sehingga menimbul kan rasa aman, tidak ada rasa kekhawatiran dan kecemasan menghadapi hidup ini, karena ada jaminan dari semua saudara untuk memberikan pertolongan yang diperlukan dalam menjalani hidup.
9. Nilai Positif Sikap Persatuan dan Kerukunan 1. Persatuan dan kerukunan umat merupakan awal dan fondasi terjalin nya ukhuwah dalam masyarakat. 2. Memperkukuh persatuan dan kesatuan yang menjadi syarat mutlak untuk mencapai citacita yang tinggi dan mulia. 3. Memudahkan seseorang untuk mengais rezeki, sebab dengan sikap ini akan menjadikan kehidupan tenang serta membangun kerjasama dan merentas jalan
10. 4. Menimbulkan ketentraman dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat. 5. Menjadi pilar utama untuk memberdayakan potensi dan membangun masyarakat kea rah yang lebih maju dan berperadaban. 6. Menjadi tolak ukur solidaritas kemanusiaan yang akan mengantar kan kea rah kesejehteraan kehidupan dalam bermasyarakat. 7. Memiliki dampak bagi terciptanya masyarakat yang beradab dan sebagai sarana mendapat rahmat Allah.
11. Hikmah menjalani persatuan dan kerukunan  Akan mengembalikan kerukunan antara dua pihak yang semula bersengketa.  Tercabutnya akar permusuhan dan perselisihan dari pihak-pihak yg bersengketa, berganti dengan tumbuh suburnya tali ukhuwah (persaudaraan)  Menghindari terjadinya pertumpahan darah.  Menghemat angaran belanja
12.  Menjauhkan kedua belah pihak pengingkaran terhadap kebenaran dari  Menjauhkan rasa permusuhan dan dendam diantara sesama manusia.  Menyalurkan pikiran-pikiran positif dari kedua belah pihak ke arah usaha-usaha yang bermanfaat bagi masing-masing pihak maupun manusia secara keseluruhan.  Mendekatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

rEFFERENSI : http://www.slideshare.net/Yasminsekaradiyanti

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi